Kapolres MBD Terjunkan 102 Personil Amankan Debat Publik Pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati MBD Tahun 2024
MULTIMEDIA RES MBD

Kapolres MBD Terjunkan 102 Personil Amankan Debat Publik Pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati MBD Tahun 2024

Humas Polres MBD – Dalam rangka pelaksanaan Operasi Mantap Praja Salawaku 2024, Kepolisian Resor Maluku Barat Daya menggelar pengamanan Debat Publik Pertama Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya tahun 2024 yang digelar KPU Kabupaten Maluku Barat Daya di Gedung Serba Guna Tiakur pada Sabtu sore (19/10/2024).


Debat Publik Pertama Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Kabupaten Maluku Barat Daya tahun 2024 dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kab. MBD Yoma D. Naskay dengan dihadiri Tim penguji, Forkopimda Kabupaten MBD, Komisioner KPU Kab. MBD, Komisioner Bawaslu Kab. MBD, para Ketua Partai pengusung, massa mendukung dan para tamu undangan lainnya.


Kegiatan pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K selaku Kepala Operasi Polres MBD dengan didampingi Dandim 1511 Pulau Moa Letkol Inf. Galih Perkasa yang memilikki peran penting dalam mengambil langkah strategis melalui penentuan standarisasi penggunaan kekuatan personel pengamanan TNI-Polri guna memastikan semua tahapan pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar.


Sejumlah 102 Personel Polri diterjunkan untuk mengamankan jalannya kegiatan tersebut, personel yang dilibatkan dalam pengamanan telah dibekali dengan kemampuan dan pengalaman dalam menghadapi situasi kontijensi saat bertugas dilapangan, melalui kehadiran personel Polres MBD diharapkan dapat mengantisipasi segala bentuk kerawanan yang sewaktu-waktu dapat terjadi. 


Dalam kegiatan pengamanan dikendalikan oleh Kabag Operasi selaku Karendal Ops AKP John R. Soplanit yang menempatkan para perwira pejabat Operasi dan sejumlah personel melakukan kegiatan pengamanan jalannya pentahapan pemilu di lokasi gedung serba guna Tiakur sesuai dengan areal (ring) penugasannya masing-masing.


Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K melalui Kabag Operasi selaku Karendal Ops AKP. John R. Soplanit saat dikonfirmasi mengungkapkan, Debat Publik Pertama Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Kabupaten MBD tahun 2024, pihaknya telah menyiagakan sejumlah personel pada area ring 1 sampai dengan ring 3, pos pantau dan ditambah disejumlah personel Kompi 4 Yon. C Brimob MBD dan personel Kodim 1511 Pulau Moa yang ikut memback up jalannya pengamanan kegiatan tersebut. 


“ masing-masing satuan tugas dipimpin oleh Perwira Pengendali yang bertanggung jawab memimpin anggotanya melakukan pengamanan pada beberapa titik (ring) baik didalam ruangan, di halaman gedung serbaguna, selain itu dilakukan penyekatan jalan dan pengamanan rute, kesemuanya itu dilakukan dengan tujuan mengantisipasi timbulnya kerawanan kamtibmas. “ ujar AKP Soplanit.


Kabag Ops juga menambahkan, Kami berkomitmen untuk mengawal proses pentahapan pilkada dengan berpedoman pada aturan pengamanan oleh Polri secara maksimal, pengamanan yang kami lakukan adalah merupakan langkah Preventif guna menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga proses Debat Publik Pertama Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.


“ Dengan adanya sinergitas dan soliditas yang ditunjukkan oleh TNI - Polri dan pihak terkait maka proses Debat Publik Pertama Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten MBD tahun 2024 sebagai rangkaian Pilkada Kabupaten MBD tahun 2024 berjalan dalam situasi aman dan kondusif, kami harapkan dengan adanya kegiatan pengamanan yang ketat kiranya dalam mewujudkan proses demokrasi menjelang Pilkada yang berjalan dengan aman dan lancar. “ tutup Kabag Ops.

Bagikan ke teman kamu