Antisipasi gangguan Kamtibmas, Polsek Fordata gelar Patroli gabungan

Antisipasi gangguan Kamtibmas, Polsek Fordata gelar Patroli gabungan

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Dalam upaya menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di tengah-tengah Masyarakat, Polsek Fordata menggelar Patroli KRYD gabungan dalam rangka cipta kondisi menjelang Pengresmian Gereja Ivar Lolin Jemaat GPM Romean, Kecamatan Fordata, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Minggu (22/09/24) malam.


Kegiatan Patroli dengan melibatkan Pemerintah Desa, Anggota Linmas beserta para pengurus Pemuda Desa Romean ini dipimpin oleh PS. Kanit Intelkam Polsek Fordata Aipda R. LOLOLUAN yang diawali dengan pelaksanaan apel pengecekan kekuatan maupun kesiapan Personel.


Giat KRYD yang dibalut dalam bentuk Patroli gabungan ini dengan melakukan pemantauan terhadap aktivitas Masyarakat di malam hari, dengan sasaran pada tempat keramaian berkumpulnya Warga yang mengkonsumsi miras, judi maupun premanisme, serta menyisir sejumlah lokasi rawan terjadinya gangguan Kamtibmas seperti Pemukiman Warga.


Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Fordata Ipda BARRY HULKYAWAR mengatakan, pelaksanaan Kegiatan Patroli gabungan di malam hari ini merupakan upaya Kami bersama Pemdes dan Tokoh Pemuda untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas serta meminimalisir segala bentuk tindak Kriminalitas khususnya di malam hari, agar terciptanya Kondusifitas jelang Pengresmian Gereja Jemaat GPM Romean.


“Lewat kehadiran Polri bersama Pemdes dan para Pemuda Desa Romean, diharapkan dapat terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan nyaman serta mencegah adanya niat dan kesempatan dari Pelaku kejahatan” jelasnya.


Lebih lanjut Kapolsek mengungkapkan, disamping melaksanakan giat Patroli secara Mobile, Tim Patroli gabungan tersebut pun melakukan Dialogis lewat metode Sambang. Dengan menerapkan metode Sambang, Petugas Patroli bertatap muka secara langsung sambil melakukan dialog aktif guna menyampaikan edukasi, Imbauan serta pesan-pesan Kamtibmas.


Dalam kunjungan melalui giat Sambang itu, Petugas mengajak Masyarakat untuk ikut berperan serta secara aktif dalam memelihara Kamtibmas dengan meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan terhadap gangguan Kamtibmas maupun tindak kejahatan di lingkungannya masing masing.


Tak hanya itu, Petugas Patroli gabungan pun memberikan edukasi dan pemahaman hukum kepada Warga terkait dampak buruk yang ditimbulkan akibat dari mengkonsumsi minuman keras salah satunya yaitu miras tradisional berupa Sopi. Selain itu, Warga pun diimbau untuk jauhi segala bentuk perbuatan maupun tindakan yang dapat melanggar hukum.


Giat Patroli tersebut pun berlangsung dengan aman dan kondusif, serta mendapat respon positif dan apresiasi dari Masyarakat. Mereka menyampaikan ucapan terima kasih karena lewat pelaksanaan Patroli yang rutin dilakukan baik siang maupun dimalam hari ini sehingga, dapat mengurangi tindak kejahatan dan kenakalan remaja yang sering terjadi.

Bagikan ke teman kamu