Buka Pembekalan Bagi Anggota dan PNS Polri, Wakapolda Maluku: Siapkan Diri Jelang Purna Tugas

Buka Pembekalan Bagi Anggota dan PNS Polri, Wakapolda Maluku: Siapkan Diri Jelang Purna Tugas

POLDA MALUKU - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Brigadir Jenderal Polisi Samudi, S.Ik., M.Si, meminta para anggota dan PNS Polri agar dapat mempersiapkan diri menjelang purna tugas.

Demikian disampaikan Wakapolda saat membuka kegiatan pembekalan dan pelatihan ketrampilan bagi anggota dan PNS Polri Polda Maluku di Manise Hotel, Kota Ambon, Senin (23/9/2024).

Kegiatan ini turut dihadiri Karo SDM, Karo Logistik, Direktur Pam Obvit, Direktur Binmas, Kabid TIK, dan Kabid Humas Polda Maluku. Hadir pula Kepala PT Asabri Ambon, Kepala BTPN wilayah Indonesia Timur, dan pejabat lainnya serta 59 peserta pembekalan dan pelatihan keterampilan.

Dengan mengusung tema “Siap Pensiun Bahagia" (Sehat Ikhlas Aktifitasnya Bermanfaat dan Produktif), Wakapolda menyampaikan pelatihan ketrampilan dengan jenis pelatihan keterampilan disesuaikan dengan pertimbangan karakteristik perekonomian kewilayahan. Di antaranya bidang perikanan dan peternakan.

"Harapannya dapat memberikan kontribusi dalam berwirausaha. Pelatihan akan diikuti sebanyak 59 personal jajaran Polda Maluku yang memiliki NRP 71 yang belum pernah mengikuti kegiatan pelatihan," katanya.

Dengan adanya batasan usia maksimum dalam kedinasan, purna tugas akan dijalani oleh setiap personil Polri di mana pun berada. Ini karena merupakan akhir dari masa pengabdian kedinasan di lingkungan Polri, sekaligus sebagai awal dari episode kehidupan baru dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Para personel yang akan masuk pensiun diharapkan dapat memahami berbagai langkah persiapan, perlu dilakukan dengan baik dan matang, dan tidak ada hal yang perlu ditakutkan atau dikhawatirkan. "Hindari terjadinya gejala pos power syndrome atau depresi akibat merasa kehilangan status sosial, kehilangan kepercayaan diri, dan berkurangnya sebagian pendapatan finansial," jelasnya.

Sebelum mengakhiri sambutan Wakapolda menyampaikan beberapa pedoman kepada seluruh peserta. Yaitu persiapkan diri sebaik baiknya, terutama menjaga kesehatan dalam menghadapi masa purna tugas. "Bekali diri saudara dengan kompetensi dan integritas yang handal sesuai dengan bidang yang akan saudara tekuni," katanya.

Manfaatkan dengan maksimal kegiatan pembekalan dan latihan keterampilan purna tugas dengan seksama dan penuh semangat, sehingga materi yang diberikan oleh para narasumber atau instruktur, dapat memberi nilai tambah serta dapat diaplikasikan dengan baik.

"Kembangkan wawasan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh secara optimal, agar dapat memberikan manfaat yang baik untuk diri pribadi maupun keluarga serta masyarakat sekitar dengan menghasilkan karya maupun produk yang berkualitas serta dapat membuka lapangan kerja," harapnya.

Bagikan ke teman kamu