KPU Gelar Bimtek dan Uji Coba Sirekap, Karo Ops Polda Maluku: Kerja Profesional agar Pengalaman Buruk tidak Terjadi

KPU Gelar Bimtek dan Uji Coba Sirekap, Karo Ops Polda Maluku: Kerja Profesional agar Pengalaman Buruk tidak Terjadi

POLDA MALUKU - KPU Provinsi Maluku melaksanakan kegiatan bimbingan teknis dan uji coba Sirekap di Ballroom Natsepa Hotel, Suli, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (21/10/2024).

Karo Ops Polda Maluku, Kombes Pol Ronald Refli Rumondor S.IK, saat menghadiri kegiatan berharap para peserta dapat bekerja maksimal dan tetap obyektif.

"Agar pengalaman buruk yang pernah terjadi saat Pemilu kemarin tidak lagi terulang yang mana Sirekap itu dibully dan dicemooh oleh berbagai pihak," harap Kombes Ronald.

Ia mengungkapkan, pada pelaksanaan Pilkada, aparat kepolisian hanya berperan untuk mengamankan seluruh pentahapan hingga pencoblosan suara di TPS sampai pada perhitungan dan penetapan hasil.

"Tugas kita hanya mengamankan dan juga melaksanakan patroli untuk memantau situasi kamtibmas saat pencoblosan nanti," ucapnya.

Kepada seluruh pihak terkait, dalam hal ini KPU sebagai penyelenggara dan Bawaslu selaku pengawas maupun instansi lainnya diharapkan untuk selalu berkoordinasi dengan kepolisian apabila ditemukan kendala di lapangan.

"Kami sangat harapkan kepada para penyelenggara yang ada di TPS agar dapat berkordinasi dengan anggota Polri yang bertugas sehingga apabila ada kendala atau permasalahan yang dapat menghambat proses pencoblosan di TPS dapat dibantu personel kami yang laksanakan PAM di TPS tersebut," pintanya.

Kepada para PPK, Kombes Ronald mengaku semuanya memiliki pilihan masing-masing. Namun ia mengharapkan kepada semuanya agar tetap bekerja secara profesional.

"Sehingga tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu atau menghambat kelancaran proses pencoblosan dan perhitungan suara di TPS masing-masing nanti," katanya mengingatkan.

Bagikan ke teman kamu