Melalui DDS, menjadi cara Bhabinkamtibmas Tumbur untuk mempererat silaturahmi dengan Warga

Melalui DDS, menjadi cara Bhabinkamtibmas Tumbur untuk mempererat silaturahmi dengan Warga

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Sebagai ujung tombak Kepolisian, tentunya Bhabinkamtibmas dintutut untuk selalu hadir di tengah-tengah Masyarakat dalam mempererat silaturahmi dan berperan aktif dalam menciptakan lingkungan Desa yang bebas dari tindak kejahatan maupun gangguan Kamtibmas.


Seperti yang terlihat dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desan Tumbur Polsek Wertamrian, Brigpol V. P. PALY menyambangi Warga binaannya lewat Door to Door System (DDS) yang berada di Desa Tumbur, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (27/07/24).


Kegiatan Door To Door Sistem ini merupakan salah satu Program Bhabinkamtibmas yang rutin dilaksanakan, bertujuan untuk menciptakan hubungan silaturahmi yang lebih akrab dan membangun kemitraan yang baik dengan warganya. Sehingga dengan giat tersebut diharapkan Warga Desa tidak merasa sungkan dan segan lewat kehadiran Bhabinkamtibmas ditengah-tengah Mereka.


Terlihat Bhabinkamtibmas melakukan dialog aktif dan berinteraksi langsung dengan Warga Binaannya. Bhabinkamtibmas pun berkesempatan untuk memberikan edukasi dan Imbauan serta menyampaikan beberapa pesan-pesan Kamtibmas kepada Warga yang dikunjunginya terkait dengan berbagai macam isu yang krusial.


Salah satu fokus utama dari Imbauan dan pesan Kamtibmas yang disampaikan adalah pencegahan terhadap tindak kriminalitas yang dapat meresahkan Masyarakat di lingkungannya. Masyarakat pun diberikan edukasi dan pemahaman terkait dampak buruk dari mengkonsumsi Miras (minuman keras), mengingat timbulnya konflik sebagian besar dipicu oleh mengkonsumsi minuman keras.


Selain itu, Bhabinkamtibmas juga mengajak dan menghimbau kepada Masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2024 dengan tidak mudah mempercayai Berita Hoax maupun isu sara yang beredar dan berkembang sebelum mengetahui dan memastikan kebenarannya, yang dapat memecah hubungan kekerabatan, kekeluargaan atau persaudaraan khususnya di lingkungan Desa Tumbur.


“Mari kita ciptakan Pilkada serentak Tahun 2024 yang aman dan damai, meskipun pilihan berbeda namun kesatuan dan persatuan tetap harus kita jaga” jelasnya.


Brigpol V. P. PALY juga berpesan dan mengingatkan Warga Binaannya untuk segera melaporkan setiap permasalahan maupun gangguan Kamtibmas yang terjadi di lingkungan kepada Bhabinkamtibmas maupun pada Pos Polisi terdekat sehingga dengan segera dapat ditindaklanjuti.


Sementara itu ditempat terpisah, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kapolsek Wertamrian Ipda BRIYANTRI MAULANA, S.Tr.K., mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Anggotanya tersebut. Dirinya mengatakan, giat sambang dalam bentuk DDS yang rutin dilaksanakan ini merupakan bentuk pendekatan diri Bhabinkamtibmas kepada Masyarakat, sekaligus sebagai sarana untuk memberikan Imbauan dan pesan Kamtibmas guna meningkatkan kewaspadaan serta mencegah terjadinya aksi kriminalitas.


"Kami hargai peran serta Bhabinkamtibmas dalam menjaga hubungan baik dengan Warga sekaligus menyampaikan pesan Kamtibmas yang penting. Lewat kegiatan ini, semoga kerjasama antara Kepolisian dan Masyarakat terus terjalin dengan baik demi terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman” ungkap Kapolsek.


Lebih lanjut Kapolsek mengungkapkan bahwa, upaya ini tentunya merupakan bagian dari strategi Kepolisian dalam membangun sinergi positif dengan Masyarakat guna mencapai keamanan yang lebih baik. Sehingga dengan kerja keras Bhabinkamtibmas melalui setiap program yang dilaksanakan, diharapkan situasi Kamtibmas di wilayah Hukum Polsek Wertamrian dapat berjalan kondusif, serta potensi kejadian-kejadian yang dapat mengganggu ketertiban dapat diminimalisir dengan optimal.

Bagikan ke teman kamu