Gelar Jumat Curhat di Desa Atubul Dol, Kapolres Kepulauan Tanimbar dengar keluhan Masyarakat

Gelar Jumat Curhat di Desa Atubul Dol, Kapolres Kepulauan Tanimbar dengar keluhan Masyarakat

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Seusai melakukan kunjungan lewat Jumat Curhat kepada Warga Desa Atubul Da, Guna menyerap secara langsung keluhan serta saran dan masukan dari Masyarakat. Polres Kepulauan Tanimbar kembali menggelar Jumat Curhat di Desa Atubul Dol, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat (26/07/24).


Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., didampingi oleh para Perwira, Kapolsek Wermaktian hingga Personel Staf ini menghadirkan Pemerintah Desa, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda hingga Tokoh Masyarakat yang berlangsung di Balai Desa Atubul Dol. Dengan mengusung tema “Polres Kepulauan Tanimbar wujudkan Polisi Keselibur (Polisi Sahabat Masyarakat)”.


Program yang bertajuk Jumat Curhat ini merupakan agenda rutin mingguan yang dilaksanakan setiap hari Jumat sebagai penjabaran dari Program Beyond Trust Presisi Polri, sekaligus penerapan Program Kapolda maluku yaitu Basudara Manise, guna meningkatkan Kinerja Kepolisian dan kepercayaan Masyarakat terhadap Polri sekaligus menyerap informasi yang berkembang ditengah-tengah Masyarakat.


Tujuan daripada giat Jumat Curhat ini adalah untuk mendengar langsung keluhan serta kritikan dan masukan dari Masyarakat menyangkut Harkamtibmas dan terkait dengan kinerja Polri, yang tujuannya agar Polri kedepan dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat. Hal itu disampaikan Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., saat memberikan sambutan dan Imbauan.


“Dalam menciptakan Harkamtibmas, tentu perlu adanya dukungan dari seluruh elemen Masyarakat. oleh sebab itu pentingnya peran aktif dari semua pihak” ungkap Kapolres.


Selain itu, salah satu fokus utama dari Imbauan yang disampaikan Kapolres adalah pencegahan terhadap tindak kriminalitas yang dapat meresahkan Masyarakat di lingkungan. Masyarakat pun diberikan edukasi terkait dampak buruk dari mengkonsumsi Miras (minuman keras), serta diajak untuk lebih waspada terhadap tindak kriminalitas seperti pencurian hingga perampokan dan kejahatan lainnya.


Tak hanya itu, Kapolres pun berpesan sekaligus mengajak Masyarakat untuk tidak mudah mempercayai Berita Hoax serta tidak mudah terprovokasi oleh Isu Sara, sehingga tidak salah dalam mengambil langkah yang dapat merugikan diri sendiri maupun Keluarga. Hindari juga Money Politik dan Black Campaign jelang Pilkada Tahun 2024 serentak.


“Jelang Pilkada, Mari kita ciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Pilihan boleh berbeda, namun persatuan dan kesatuan tetap harus kita jaga dan pupuk, demi terciptanya Pilkada yang damai dan sejuk” tutur Kapolres.


Pada kesempatan itu kegiatan pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dimana warga mengungkapkan berbagai pertanyaan maupun keluhan dan usulan, seperti meminta penjelasan terkait apa itu kepanjangan dari Presisi Polri dan apa saja tugas pokok Polri. Warga pun meminta pengamanan saat kunjungan Uskup di Desanya, hingga memohon agar setiap permasalahan dijawab oleh Kepolisian dengan cepat saat memberikan pelayanan.


Menanggapi pertanyaan hingga keluhan dari Masyarakat, terlihat Kapolres Kepulauan Tanimbar bersama para Kasat hingga Staf secara langsung menanggapi dengan memberikan jawaban dan solusi atas setiap permasalahan yang disampaikan dan dihadapi oleh Masyarakat. 


Acara yang berlangsung dan terjalin dengan penuh keakraban serta berjalan dengan aman dan lancar ini pun ditutup dengan foto bersama, yang menunjukkan bahwa sinergi positif dapat terjalin dengan baik diantara Polisi bersama Masyarakat.

Bagikan ke teman kamu