Rachel An Barends Sang Polwan Polda Maluku Penggerak UMKM di Desa Poka

Rachel An Barends Sang Polwan Polda Maluku Penggerak UMKM di Desa Poka

POLDA MALUKU - Rachel "An" Barends merupakan seorang Polwan Polda Maluku dengan pangkat Kompol, yang menamatkan pendidikan SEBA Polwan tahun 1987/1988 dengan pangkat Sersan Dua dan pendidikan Perwira pada tahun 2004,  saat ini menduduki jabatan sebagai Ps. Kasubdit VIP Dit Pamobvit Polda Maluku.

Berangkat dari Hoby nya yang  sejak kecil suka merajut dan kepeduliannya kepada ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri di lingkungan tempat tinggalnya di Desa Poka yang tidak memiliki pekerjaan tetap, mendorong Kompol Rachel Barends untuk memprakarsai pembentukan kelompok UMKM dengan nama "Rachelchrochet".

Kelompok UMKM yang beranggotakan 6 orang ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak serta remaja putri ini bergerak dibidang usaha rajutan, dibentuk sejak tahun 2022 lalu dengan hasil produksi berupa Tas Rajut, Topi Rajut, Cardigan, Outer, Blouse Rajut, dan lain-lain.

Menurut Kompol Rachel, Kelompok UMKM yang didirikannya ini sudah terdaftar di pemerintahan Desa Poka, dan dibawah binaan Yayasan Rumah Generasi Ambon dan  untuk rajutan yang dihasilkan juga sudah sering diikut sertakan dalam berbagai kegiatan Expo UMKM mulai dari tingkat desa maupun Kota Ambon.

Ditambahkan pula bahwa selain diikut sertakan dalam Expo, hasil rajutan kelompok UMKM  "Rachelchrochet" ini juga sudah dijual/dipasarkan secara online dimana hasil penjualannya dapat digunakan untuk menambah perekonomian keluarga dari masing-masing anggota kelompok UMKM nya.

Selanjutnya Menurut Rachel, mulai dari berdirinya sampai saat ini salah satu kendala dari kelompok UMKM "Rachelchrochet" adalah terbatasnya bahan baku berupa benang rajut, karena ketersediaan benang rajut dipasaran Kota Ambon hanya ada beberapa jenis saja, sehingga satu-satunya jalan keluar bagi kami adalah dengan memesan secara online sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama

"Selama ini yang menjadi kendala bagi kelompok UMKM kami adalah ketersediaan bahan baku benang rajut, dimana untuk.pasaran di Ambon yang tersedia hanya beberapa jenis saja, sehingga terpaksa kami hafus memesan secara online, kata Rachel.

" Disaat ini kami merasa sangat bersyukur karena UMKM   "Rachelchrochet"  merupakan salah satu pelaku UMKM  dari 13 UMKM yang ada di Desa Poka yang menerima Bantuan Pemberdayaan Desa Tahun 2024 dari Pemerintah Desa Poka.
Bantuan yang diterima berupa ; 1 unit mesin jahit portable merk Singer dan 1 unit mesin knitting ukuran besar" Pungkas Rachel

Penyerahan bantuan Pemberdayaan desa tersebut berlangsung di Aula Kantor Desa Poka dan diserahkan langsung oleh Kepala Desa Poka Ibu Marthina Kelbulan, Selasa (11/6/2024),"

Sementara itu Kepala Desa Poka, Marthina Kelbulan dalam sambutannya mengharapkan agar bantuan yang diberikan kepada masing-masing pelaku UMKM dapat bermanfaat untuk meningkatkan hasil produksi masing-masing UMKM sehingga pada akhirnya dapat membantu meningkatkan perekonomian warga di Desa Poka.

Selanjutnya Kompol Rachel "An" Barends juga menyampaikan Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah Desa Poka yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada pelaku-pelaku UMKM yang ada di Desa Poka, besar harapannya kiranya bantuaan yang diterima dapat meningkatkan hasil produksi UMKM sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian bagi warga Desa Poka. Tutupnya

Bagikan ke teman kamu