Kapolres Tual Pimpin, Taklimat Awal Itwasda Polda Maluku Tahap II T.A 2021

Kapolres Tual Pimpin, Taklimat Awal Itwasda Polda Maluku Tahap II T.A 2021


Tual - Kepolisian Resor (Polres) Tual kembali melaksanakan Taklimat Awal Audit Kinerja (AAK) Itwasda Polda Maluku tahap II Tahun Anggaran 2021 bertempat di aula Jana Nuraga Polres Tual Rabu, (4/11/2021).


Aspek pelaksanaan dan pengambilan Taklimat AAK Polres Tual akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 4 sampai dengan tanggal 6 November 2021.

Pelaksanaan Taklimat awal yang dibuka langsung oleh Kapolres Tual. Turut hadir dalam pelaksanaan Taklimat Awal Tim Itwasda Polda Maluku AKBP Denny Nanlohy, S.H.,M.H (Ketua tim), Kompol Levinus Leimena, S.H, Kompol W. B. Minanlarat, S.H, AKP Umar Bamatraf, AKP Rifal E. Adikusuma, S.H.,M.H, AKP Jan A. Abrianto Gang, Brigpol Bill R. Watimury S.H serta para Kasat, para Kapolsek Jajaran Polres Tual dan Personil Polres Tual.


Pimpinan Inspektorat Pengawasan Daerah Maluku AKBP Denny Nanlohy, S.H.,M.H yang juga sekaligus penanggung jawab tim audit kinerja dalam sambutannya mengatakan audit kinerja merupakan salah satu fungsi manajemen Kepolisian yang harus dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan program dan anggaran dapat dilaksanakan secara efektif dan efesien dan pertanggungjawaban laporan keuangan pengamanan aset negara serta ketaatan terhadap peraturan perundang undangan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan  bersih.

Adapun payung hukum yang digunakan sebagai dasar dalam pelaksanaan audit kinerja di lingkungan saiber Polri adalah peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 tanggal 28 Agustus 2008 Tentang Sistim pengendalian internal pemerintah, Permen Pan RB Nomor 5 tahun 2008 tentang standar audit aktif dan peraturan kapolri nomor 1 tahun 2021 tentang audit kinerja dan audit dengan tujuan tertentu dilingkungan polri.

Sementara itu Kapolres Tual AKBP. Dax Emanuelle Samson Manuputty S.I.K dalam sambutannya mengatakan dalam waktu dekat Polres Tual akan terpcah menjadi dua yakni Polres Tual dan Polres Maluku Tenggara.

"Kemungkinan besar tahun depan mungkin Polres ini sudah terbagi dua, Polres Tual dan Polres Maluku Tenggara. Karna kemaren kami bersama Polres Buruh Selatan sudah dilaksanakan evaluasi dan kegiatan kemarin untuk pengecekan persiapan Polres yang baru," sebutnya.

Kapolres mengaku, beberapa waktu lalu Waka Polres, didampingi Kabag Ren bersama dengan tim telah berangkat ke Jakarta besama Kabid Yerudi dan Plt karorena guna usulan dimaksud.

Kemaren sudah kesana dan puji tuhan punya kita kelengkapan - kelengkapan yang kita laksanakan itu menjadi acuan bagi polres - polres yang lain karna beberapa polres kemarin terus terang datanya agak kacau terutama di polda papua ya

"Papua papua barat itu datanya agak berhamburan, mungkin karna tidak dipersiapkan dengan baik tapi kemarin kita sudah siapkan dengan baik 

Kemarin semuanya berjalan dengan lancar dan baik, informasinya dari tim bahwa tinggal menunggu saja kapan turunnya suket dari mabes polri 

"kalo sudah turun suket dari mabes polri berarti nanti akan mungkin dalam tahun 2022 ini mungkin akan diadakan pemisahan polres jadi polres tual sendiri dan polres maluku tenggara sendiri.

Kata Manuputty, lokasi yang menjadi tempat untuk membangun Polres juga telah s dipersiapkan tinggal menunggu pembangunan mako yang baru entah itu nanti dananya dari bapak bupati atau mungkin nanti dibangun oleh polri sendiri dari dana APBN.

 sekilas info untuk bapak katim dan rekan rekan tim dari wasda untuk kedepannya dan juga serting juga lima satgar yang diajukan oleh polda yaitu ditlantas, polres malteng polres buru, polre Ambon dengan polres tual dan puji tuhan semuanya lima limanya sudah lolos semuanya 

Kalau tidak salah respondennya sudah lengkap sudah sesuai dengan target dari pada kemenpan rb

Klo sekarang kita sedang menunggu hasilnya dan pelaksanaan kegiatan best evaluation. Mudah mudahan dalam tahun ini target tadi dapat tercapai untuk WBK wilayah bebas korupsi.

Bagikan ke teman kamu