Hadiri Upacara Hari Pancasila, Kapolda: Terus Amalkan Nilai-Nilai Pancasila di Maluku

Hadiri Upacara Hari Pancasila, Kapolda: Terus Amalkan Nilai-Nilai Pancasila di Maluku

POLDA MALUKU - Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH., M.Hum menghadiri upacara peringatan hari lahir Pancasila yang digelar Pemerintah Provinsi Maluku. Upacara dilaksanakan di lapangan Merdeka, Kota Ambon, Sabtu (1/6/2024) .

Selain Kapolda hadir dalam upacara tersebut yakni Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie dan Forkopimda lainnya.

Bertindak sebagai Inspektur yaitu Penjabat Gubernur Maluku, sementara Komandan upacara yakni Kasatpol Pp Provinsi Maluku, Titus Renwari.

Pj Gubernur Maluku dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi. Ia mengatakan, hari ini 1 Juni 2024 kita memperingati hari lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan, Bapak pemimpin bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila mempersatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

"Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari Pancasila tanggal 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolda Maluku berharap peringatan hari Pancasila dapat terus merekatkan rasa persatuan dan kesatuan serta persaudaraan di antara seluruh elemen masyarakat, khususnya di Maluku.

"Mudah-mudahan dengan hari Pancasila ini makin meningkatkan aksi nyata pengamalan Pancasila dalam kehidupan antar sesama dan merekatkan rasa persatuan dan kesatuan kita di tengah-tengah perbedaan dan kebhinekaan yang ada khususnya di wilayah Maluku," harap Kapolda.

Kapolda menyampaikan Pemilihan Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 sudah dihadapan mata. Tahapan prosesnya sudah mulai berjalan.

Olehnya itu, Kapolda berharap dengan momen peringatan hari Pancasila dapat menyatukan berbagai perbedaan yang ada. Sehingga diharapkan Pilkada dapat berjalan aman dan damai.

"Kami berharap dengan momen ini dapat mewujudkan Pilkada yang aman, damai, lancar dan sukses. Semua calon agar menjaga nilai2 Pancasila di setiap materi visi dan misinya , dalam kampanye jangan gunakan isu SARA namun tampilkan adu ide dan gagasan ,adu kinerja dalam membangun Maluku nantinya dan biarkan masyarakat yang menilai dan memilihnya tanpa ada intimidasi atau paksaan," pungkasnya.

Bagikan ke teman kamu