Polres MBD Gelorakan Patroli KRYD Dukung Operasi Mantap Praja Salawaku 2024 Demi Stabilkan Kamtibmas

Polres MBD Gelorakan Patroli KRYD Dukung Operasi Mantap Praja Salawaku 2024 Demi Stabilkan Kamtibmas

Humas Polres MBD – Dalam rangka Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat merupakan prioritas utama Polri sebagai bentuk implementasi Program Polri Presisi, Polri berupaya mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas dalam upaya mewujudkan Stabilitas Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Pilkada tahun 2024.


Terkait hal tersebut Polres Maluku Barat Daya menggelar Operasi Mantap Praja (OMP) Salawaku 2024 melalui Patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) guna memantau aktifitas warga serta menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas di Kota Tiakur dan sekitarnya. 


Kabag Operasi AKP John R. Soplanit selaku Karendal Ops OMP Salawaku 2024 menurunkan personel dengan dipimpin oleh Dantim III Ipda Ruben Rupilu dengan melibatkan 9 personel menggunakan Ranmor Patroli roda dua, setelah dilakukan APP di Mapolres MBD kegiatan patroli berlanjut dengan sasaran Kantor KPU MBD dan Kantor Bawaslu MBD serta seputaran kota Tiakur guna memantau aktifitas masyarakat pada Kamis siang (05/09/2024).  


Saat berpatroli dibangun pula komunikasi dengan petugas pengamanan baik personel Polres MBD maupun petugas security yang melakukan penjagaan pada kedua kantor yakni Kantor KPU dan kantor Bawaslu Kabupaten MBD, personel patroli menghimbau petugas pengamanan untuk meningkatkan kewaspadaan dapat menjaga stabilitas kamtibmas dilingkungan kerjanya memasukki tahap Penelitian Persyaratan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten MBD.


Selain itu personel Patroli juga mengingatkan petugas pengamanan apabila menemui peristiwa yang berpotensi dapat menciptakan kerawanan kamtibmas agar dapat melaporkan ke Polres MBD untuk ditindak lanjuti secara humanis dengan berlandaskan pada aturan hukum yang berlaku.


Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K melalui Kabag Ops AKP John R. Soplanit saat dikonfirmasi mengatakan, Pelaksanaan tugas patroli oleh personel Polres MBD yang terlibat dalam Operasi Kepolisian OMP 2024 adalah merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan dalam upaya untuk memelihara kondusifitas kamtibmas di Kota Tiakur dan sekitarnya memasukki pentahapan Pilkada yakni Penelitian Persyaratan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati di Kantor KPU yang berlangsung dari tanggal 27 Agustus 2024 s/d tanggal 21 September 2024. 


“ Menyimak arahan Bapak Kapolres terkait potensi kerawanan yang timbul sebagai sebuah fenomena dalam masyarakat, merupakan potensi gangguan yang harus di kelola dengan baik agar tidak berkembang menjadi kerawanan kamtibmas yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada tahun 2024. “ Ungkap Kabag Ops.


Menurut AKP Soplanit, Polres MBD menggelar Operasi Mantap Praja Salawaku 2024 yang bertujuan untuk mengawal dan mengamankan jalannya Pilkada tahun 2024 di Kabupaten MBD mulai dari tahap perencanaan sampai dengan purna pemilihan, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, kondusif, tertib dan lancar.


“ Pimpinan mengharapkan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, diperlukan peran serta personel Polri untuk mendekatkan diri kepada masyarakat sekaligus memberikan pemahaman tentang kamtibmas yang nyata sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat guna terwujudnya Kamtibmas yang aman dan kondusif. “ tutup Kabag Ops.

Bagikan ke teman kamu