Lima Hari Operasi Patuh, Kesadaran Masyarakat Berlalulintas Meningkat

Lima Hari Operasi Patuh, Kesadaran Masyarakat Berlalulintas Meningkat

POLDA MALUKU - Operasi Lalulintas dengan sandi Patuh Salawaku Tahun 2024 telah bergulir selama lima hari. Selama itu, tercatat kesadaran masyarakat dalam berlalulintas baik dari segi ketertiban dan keselamatan lebih meningkat dibanding tahun sebelumnya 2023.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Areis Aminnullah S.IK, mengatakan, sasaran prioritas operasi patuh salawaku meliputi pelanggaran mengemudi sambil gunakan ponsel; pengemudi di bawah umur; pengendara sepeda motor berbonceng lebih dari satu orang; pengemudi sepeda motor tidak gunakan helm SNI; pengemudi roda empat tidak gunakan safety belt; pengemudi dalam pengaruh alkohol; dan pengemudi yang melawan arus serta mengendarai melebihi batas kecepatan.

"Tingkat kesadaran masyarakat selama lima hari operasi patuh salawaku tahun 2024 seperti tertib berlalulintas lebih baik ketimbang saat operasi patuh tahun 2023 yang ditandai dengan menurunnya angka pelanggaran sebanyak 23 persen. Artinya tingkat kesadaran masyarakat mulai meningkat," ungkap Kombes Areis di Ambon, Sabtu (20/7/2024).

Namun di sisi lain, tahun ini terjadi kenaikan angka kecelakaan dibandingkan tahun 2023. Tahun ini ada dua kecelakaan lalulintas, yang menyebabkan 6 orang korban menderita luka berat.

Dalam operasi patuh salawaku tahun ini juga diberikan pendidikan masyarakat (dikmas) tentang lalulintas. Dikmas dilakukan melalui penyuluhan baik melalui media dan langsung kepada masyarakat di daerah rawan pelanggaran serta kecelakaan lalulintas.

"Penyuluhan dikmas lantas (lalulintas) meningkat 16 persen dibanding tahun 2023. Proses pengaturan lalulintas, penjagaan, patroli dan pengawalan juga mengalami peningkatan sebanyak 5 persen," katanya.

Untuk penegakan hukum melalui ETLE, tilang non elektronik dan teguran, Kombes Areis juga menyampaikan mengalami penurunan sebanyak 23 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun ini operasi patuh ini mengedepankan upaya Preemtif baik binluh ke sekolah-sekolah, pangkalan ojek, angkutan umum dan komunitas otomotif. Kami juga melakukan pemasangan spanduk, leaflet, brosur, dan himbauan tertib berlalulintas lainnya," jelasnya.

Polda Maluku menghimbau kepada seluruh pengemudi kendaraan dan pengguna jalan lainnya agar selalu berhati-hati dalam berkendara.

"Mari kita saling menghargai sesama pengguna jalan untuk dapat bersama-bersama menurunkan angka kecelakaan baik kuantitas maupun kualitas hingga tercapainya keamanan, ketertiban dan keselamatan berlalu lintas," ajaknya.

Bagikan ke teman kamu