Irjen Lotharia Latif Serahkan Pataka Polda Maluku Kepada Kapolda Maluku Irjen Eddy Tambunan

Irjen Lotharia Latif Serahkan Pataka Polda Maluku Kepada Kapolda Maluku Irjen Eddy Tambunan

POLDA MALUKU - Kepolisian Daerah Maluku menggelar upacara penyerahan Pataka Polda Maluku Salawaku Emarina yang berlangsung di Lapangan Letkol Pol (Purn) Chr Tahapary, Kota Ambon, Kamis (1/8/2024).

Penyerahan Pataka merupakan tradisi Polri sebagai bentuk diserahkannya tugas dan tanggung jawab jabatan Kapolda Maluku dari Pejabat yang lama kepada Pejabat yang baru.

Pada upacara tersebut, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH., M.Hum selaku Pejabat yang lama telah resmi menyerahkan Pataka Polda Maluku Salawaku Emarina kepada Irjen Pol Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si, Kapolda Maluku yang baru.

Sebelumnya, pada Senin, 29 Juli 2024, telah dilaksanakan serah terima jabatan Kapolda Maluku yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta.

Irjen Lotharia Latif dalam sambutannya pertama-tama menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel Polda Maluku dan Polres jajaran yang sudah bersama-sama membangun Polda Maluku menjadi maju dan dicintai masyarakat hingga saat ini. "Dan hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya selaku pejabat Kapolda yang lama," ungkapnya.

Apresiasi juga disampaikan kepada seluruh anggota Polri di Maluku yang sudah menjalankan semua program pimpinan Polri yaitu program Presisi dengan baik yang dijalankan serentak di seluruh Indonesia.

Irjen Latif juga mengajak seluruh personel untuk terus melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat dengan baik. Meski di lain sisi masih banyak kekurangan, namun bukan jadi penghalang untuk harus terus berusaha melakukan yang terbaik.

"Saya yakin  sesungguhnya tidak ada tugas yang sulit dan berat di Maluku ini kalau kita semua dapat melaksanakannya dengan bersama-sama. Saya berharap walau nanti saya sudah tidak di Maluku ini lagi namun silaturahmi dan koordinasi kita dapat terus berjalan dengan baik," harapnya

Irjen Latif juga mengingatkan seluruh personel untuk terus meningkatkan disiplin dan hindari semua bentuk pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri dan institusi. Caranya dengan melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi yang sudah di berikan oleh Negara.

"Saya juga meminta maaf kalau ada kesalahan yang dilakukan, karena kita hanya selaku manusia biasa yang tak luput dari salah," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Kapolda Maluku Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan, dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel Polda Maluku yang sudah menerima dirinya selaku Kapolda Maluku.

"Saya juga sampaikan terima kasih kepada Irjen Pol Lotharia Latif dan seluruh personel Polda Maluku atas penyambutan mulai dari saat sertijab kemarin di Jakarta hingga pada upacara penyerahan Pataka Polda Maluku pada hari ini," katanya.

Sebagai warga baru di Polda Maluku, Kapolda juga meminta seluruh jajarannya untuk bisa membantunya, bersama-sama mewujudkan Maluku yang aman dan damai. "Sehingga tidak seperti yang orang di luar sana katakan kalau Maluku ini daerah rawan, olehnya itu bantu Saya mari kita bekerjasama dengan baik kita wujudkan kamtibmas di wilayah Maluku ini yang aman, damai, sejahtera," harapnya.

Kapolda Irjen Eddy Sumitro Tambunan juga menyampaikan terima kasih kepada Irjen Pol Lotharia Latif yang sudah memimpin Polda Maluku dengan baik. "Semoga ke depan sebagai pejabat yang baru kami dapat melanjutkan apa yang sudah di berikan Irjen Pol Lotharia Latif kepada Polda Maluku," pungkasnya.

Dalam upacara penyerahan Pataka Polda Maluku Salawaku Emarina tersebut turut dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun SIK., SH., M.Hum, Irwasda Maluku, dan seluruh Pejabat Utama Polda Maluku beserta Kapolres/ta jajaran maupun pengurus Bhayangkari Daerah Maluku.

Bagikan ke teman kamu