Irjen Lotharia Latif, seorang Jenderal Sejati

Irjen Lotharia Latif, seorang Jenderal Sejati

Menurut pengamatan dan pengalaman saya bersama beliau selama ini maka bagiku beliau seorang Jenderal sejati, yang sangat profesional dalam jabatan dan tugas, tapi dibarengi dengan pendekatan yang humanis dan penuh persahabatan dengan semua komponen masyarakat. Beliau menjunjung tinggi kedisiplinan kerja tapi tetap menjaga keseimbangan relasi dengan pihak lain.

Beberapa aspek yang sangat nampak dalam kerja sama dengan beliau selama ini yakni;

a) Beliau sangat menghargai pihak lain terutama kami para tokoh agama sehingga selslu melibatkan dalam berbagai kegiatan kepolisian maupun yang berhubungan dengan masyarakat.
b) Beliau adalah pribadi yang luwes dan sangat proaktif untuk membangun dan menghangatkan persahabatan lewat mimiek maupun gerak dan tutur kata.
c) ⁠Beliau selalu memberi ruang bagi pihak lain untuk mengemukakan pendapatnya dan beliau mendengarkannya.

Bagiku beliau adalah seorang sahabat sejati, dan ini terekspresi dalam sapaan akrab antara beliau dan saya dengan kalimat: Sobat Jenderal (sapaanku kepada beliau) dan Sobat Uskup (Sapaan beliau kepadaku).

Menurut saya program “Basudara Manise” ini bukan hanya sebuah slogan belaka tapi benar-benar diwujudkan selama beliau bertugas, karena yang luar biasa adalah beliau sendiri menjadi pelaksana utama dari apa yang diprogramkan. Beliau membangun persaudaraan dan persahabatan dengan semua pihak dengan pola pendekatan yang sangat manusiawi dengan cara menghargai semua pihak di sekitarnya.

Harapan kepada Polda ke depan;

a) Pertahankan profesionalisme dan kinerja bagus yang sudah terbina.
b) Jadilah sahabat bagi semua lapisan masyarakat.
c) Kedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan persahabatan dalam semua urusan kemasyarakatan.
d) Sikap takut akan Tuhan selalu dikedepankan sehingga akan berdampak dalam semua urusan.

Bagikan ke teman kamu