Brimob Polda Maluku Latih Siswa Sekolah Satu Atap Negeri Kariuw Kec. Pulau Haruku Sebagai Pasukan Pengibar Bendera HUT RI Ke-79 Tahun 2024

Brimob Polda Maluku Latih Siswa Sekolah Satu Atap Negeri Kariuw Kec. Pulau Haruku Sebagai Pasukan Pengibar Bendera HUT RI Ke-79 Tahun 2024

POLDA MALUKU - Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Personil Brimob Polda Maluku yang di tugaskan sebagai Satgas Pengamanan Di Negeri Kariuw, pasca terjadinya konflik antar Warga Pelauw - Kariuw melatih para siswa Sekolah Satu Atap (SATAP), SD Negeri 11 Maluku Tengah dan SMP Negeri 121 Maluku Tengah yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Negeri Kariuw- kecamatan Pulau Haruku Kamis (15 /8/2024)

Menurut Danki Penugasan Brimob Polda Maluku Iptu Barnabas Liroga, Pelatihan ini difokuskan pada latihan Peraturan dasar baris-berbaris dan Formasi pengibaran Bendera Merah Putih serta tat acara yang benar dalam melaksanakan tugas sebagai komandan Pasukan, agar para siswa dapat tampil sempurna pada saat pelaksanaan upacara 17 Agustus nanti.

Ditambahkan pula oleh Liroga bahwa dalam latihan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih kali ini, mengingat para siswa baru pertama kali dilatih dengan menggunakan formasi Pengibaran Bendera seperti Paskibra umumnya sehingga sangat ditekankan pada pentingnya disiplin dan koordinasi dalam baris-berbaris, serta memastikan setiap anggota Paskibra memahami peran dan tugasnya masing-masing.

Selanjutnya Disamping tujuan tersebut diatas, Latihan baris-berbaris ini juga dianggap sangat penting bagi para Siswa karena dapat melatih pembentukan watak para siswa, tetapi juga melatih fisik dan membentuk tanggung jawab. serta turut menanamkan sikap disiplin dan menumbuhkan rasa patriotisme dalam diri para siswa, tambah Liroga.

Dengan latihan intensif ini, para siswa yang tergabung dalam Tim Paskibra yang dilatih oleh Aipda Yusuf Rumurlely, dibawah Arahan dan pantauan Danki Penugasan Brimob Polda Maluku Iptu Barnabas Liroga, bekerjasama dengan Guru Pendamping Bapak Frans Saiya dan Ibu Magdalena Pattirajawane ini diharapkan dapat menjalankan tugas mereka dengan baik pada upacara 17 Agustus nanti, tanpa kesalahan apapun sehingga dapat memberikan kesan dan kebanggaan tersendiri bagi para Siswa maupun para Guru dan masyarakat Negeri Kariuw.

Kegiatan pelatihan ini juga mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah dan masyarakat sekitar, yang turut bangga melihat semangat para siswa dalam mempersiapkan diri untuk momen penting tersebut. Dengan harapan bahwa pelaksanaan Upacara 17 Agustus nanti akan berjalan dengan lancar dan sukses.

Sementara itu Stevi Pattirajawane Kepala Sekolah SD Negeri 11 Maluku Tengah, atas nama Sekolah Satu Atap (SATAP) pada kesempatan yang sama menyampaikan ucapan terima kasih kepada Brimob Polda Maluku yang bertugas di Negeri Kariuw atas kerja kerasnya bersama-sama para Guru pendamping dalam melatih para Siswa.

Disamping itu menurut Kepsek SD Negeri 11 Maluku Tengah tersebut, dengan kehadiran Brimob ditengah-tengah masyarakat Negeri kariuw, masyarakat merasa nyaman serta tidak tertekan dengan keadaan konflik yang terjadi dan lewat momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada tanggal 17 Agustus 2024 ini diharapkan masyarakat Negeri Kariuw terlebih khusus bagi anak-anak SD Negeri 11 Maluku Tengah dan SMP Negeri 121 Maluku Tengah dapat hadir bersama-sama untuk melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para Pahlawan kusuma Bangsa yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Pungkasnya.

Bagikan ke teman kamu