Bhabinkamtibmas Hadir di Desa, Himbau Warga Pro Aktif Pelihara Kondusifitas Kambitmas

Bhabinkamtibmas Hadir di Desa, Himbau Warga Pro Aktif Pelihara Kondusifitas Kambitmas

Humas Polres MBD – Sebagai Bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugasnya dalam upaya meningkatkan pelayanan masyarakat sebagai wujud nyata kepedulian terhadap masyarakat dengan melakukan himbauan kamtibmas, bersosialisasi serta melakukan komunikasi sosial secara dialogis dengan masyarakat dalam upaya mewujudkan terpeliharanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. 


Kali ini Bhabinkamtibmas Polsek Babar Timur Briptu Reynaldo C. Pattikawa melaksanakan program kegiatan Pembinaan masyarakat melalui sambang di Desa Kroing Kecamatan Babar Timur Kabupaten Maluku Barat Daya pada Kamis siang (05/09/2024).


Dalam pertemuan dengan warga binaan, Briptu Pattikawa meminta agar warga Desa aktif bekerja sama dengan aparat Kepolisian dalam menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan Desa, disamping itu warga diajak bersama-sama Polri mencegah adanya isu-isu yang tidak benar (Hoax) yang bersifat menyesatkan yang berpengaruh pada stabilitas kamtibmas.


Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K melalui Kapolsek Babar Timur Ipda Corneles Mose saat dikonfirmasi mengatakan, Kegiatan Sambang yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polres MBD maupun Polsek jajaran pada Desa binaan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat diantaranya berupa memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas serta mendengar secara langsung keluhan yang disampaikan masyarakat serta menjadikannya sebagai acuan untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam upaya memelihara Kamtibmas serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. 


Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan, perlu diketahui bahwa sesuai dengan tugas, fungsi dan peran Bhabinkamtibmas sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Kapolri Nomor 7 tahun 2021 tentang Bhabinkamtibmas, dirumuskan secara ringkas bahwa tugas Pokok Bhabinkamtibmas yaitu melakukan pembinaan kepada masyarakat, menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat (problem solving), dan melakukan tugas perbantuan serta melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan yang terjadi di Desa. 


Menurut Kapolsek, Dengan melaksanakan tugas, fungsi dan peran sebagai seorang bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan dalam membina kamtibmas di tengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri. 


“ Pimpinan mengharapkan kepada seluruh Bhabinkamtibmas Polres MBD dan Polsek jajaran dalam menghadapi tahun politik saat ini agar dalam pelaksanaan tugas selalu bersikap netral, tidak terlibat dalam politik praktis ataupun ikut-ikutan berpolitik karena hal ini dapat memperburuk citra Bhabinkamtibmas itu sendiri yang berdampak negatif pada Institusi Polri. “ tutup Kapolsek.

Bagikan ke teman kamu