Ketua Pemuda Yarler Ajak Generasi Muda Jadi Motor Penggerak Perdamaian di Tual

Ketua Pemuda Yarler Ajak Generasi Muda Jadi Motor Penggerak Perdamaian di Tual

POLDA MALUKU - Ketua Pemuda Desa Yarler, Hencie Balubun, mengajak generasi muda agar menjadi motor penggerak perdamaian di kota Tual, khususnya di desa Yarler.

"Kita sebagai generasi penerus pembangunan bangsa di tanah Kei, sangat berperan dan bertanggungjawab untuk ikut memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)," ajak Hancie, Sabtu (2/9/2023).

Sebagai generasi penerus, dia mengaku pemuda harus mampu membangun serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan kehidupan berbangsa.

"Kita prihatin dengan kejadian kemarin di Yarler yang melibatkan para pemuda. Kondisi itu jangan sampai terjadi di tanah Kei ini lagi khususnya kota Tual," pintanya.

Para pemuda, harap Hancie, harus saling bersatupadu dalam menguatkan tekad untuk memelihara keamanan dan kesatuan bangsa di era rasa nasionalisme sedang diuji saat ini.

Yang lebih terpenting lagi, tegasnya, para pemuda jangan mudah terpengaruh oleh hasutan atau terprovokasi atas isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Peranan pemuda dalam mengisi kemerdekaan sangat besar, baik melibatkan diri secara langsung maupun menjadi penggerak dan pelopor dalam pembangunan.

Menurutnya, pembangunan ini tidak akan sukses dan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan serta keterlibatan pemuda. Hal itu wajib dilaksanakan sebagai bentuk tanggungjawab sebagai generasi penerus bangsa.

Ia mengungkapkan, banyak pemuda di daerah yang telah menggabungkan dirinya dalam berbagai organisasi kepemudaan. Olehnya itu, diharapkan, organisasi kepemudaan tidak semata nama saja, tetapi mampu memberikan makna dan manfaat bagi kemajuan masyarakat.

"Pembangunan tidak akan berjalan baik kalau kamtibmas tidak terpelihara. Pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan harus ikut membantu menyukseskan berbagai program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah," pintanya.

Bagikan ke teman kamu