Satuan Polairud Polres MBD Lakukan Pengecekan Kelengkapan Dokumen Kapal Nelayan

Satuan Polairud Polres MBD Lakukan Pengecekan Kelengkapan Dokumen Kapal Nelayan

POLRES MBD - Dalam upaya pemeliharaan kamtibmas perairan serta penegakkan hukum di laut, Satuan Polairud Polres MBD melakukan peningkatan pengawasan terhadap aktifitas Nelayan di perairan Pulau Letti Kabupaten Maluku Barat Daya.

Salah satu bentuk kegiatan pengawasan aktifitas Nelayan yakni dengan melakukan pengecekan / pemeriksaan terhadap 1 unit kapal nelayan KLM. Elyora yang berlabuh di perairan pantai Rakyat Desa Wakarlely Kecamatan Pulau Moa oleh personel Sat Polairud Bripka Hendri Rahalus pukul 10.10 Wit pada Rabu pagi (17/01/2024).

Kegiatan pemeriksaan dimulai dari keabsahan kelengkapan dokumen kapal berupa SIB (Surat Izin Berlayar), SIPI (Surat Izin Penangkapan Ikan) serta alat tangkap yang digunakan telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu Bripka Rahalus juga mengecek para awak kapal dengan Nakhoda sdr. Hanok Wolantery beserta keenam orang ABK serta menghimbau warga nelayan untuk tidak mengkonsumsi minuman keras ataupun obat terlarang / narkotika yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain, saat melakukan kegiatan penangkapan ikan hendaklah mengutamakan keselamatan, alat keselamatan seperti live jacket tetap tersedia dikapal sesuai jumlah penumpang yang ada, tidak diperbolehkan menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, bahan peledak ataupun bahan kimia karena akan membahayakan diri sendiri serta berhadapan dengan sanksi hukum.

Terkait hal tersebut Kaporles Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K melalui Kasi Humas Ipda Wempi R. Paunno mengatakan, langkah-langkah yang dilakukan Personel Satuan Polairud saat melakukan kegiatan Kepolisian baik saat melakukan pemeriksaan pada kapal nelayan menunjukkan bahwa Polri tetap konsisten menegakkan aturan hukum disamping perlunya pengimbangan pelayanan Polri yang humanis kepada masyarakat dengan memberikan himbauan serta pesan-pesan kamtibmas yang bertujuan agar masyarakat sadar hukum.

Lebih lanjut Kasi Humas menjelaskan, dengan adanya kehadiran personel Polri ditengah-tengah masyarakat dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman terhadap para penumpang yang melakukan aktifitas di dermaga, selain meningkatkan silaturahmi diharapkan dapat berkomunikasi dengan baik terhadap masyarakat ketika menyampaikan himbauan ataupun pesan-pesan kamtibmas.

Kasi Humas menambahkan pula, sesuai penegasan Pimpinan terkait kehadiran anggota Polri ditengah-tengah masyarakat khususnya para nelayan yang melakukan aktifitas mencari ikan sangatlah diperlukan sebagai upaya memberikan pemahaman konsep Kamtibmas perairan yang bertujuan agar masyarakat dapat mengerti dan melakukan kegiatan penangkapan ikan dengan tidak menyimpang dari ketentuan perudangan-undangan yang ditetapkan oleh Pemerintah.

“ Upaya pembinaan kamtibmas perairan akan terus digalakkan oleh Polri kepada masyarakat secara berkesinambungan dengan harapan dapat menurunkan angka kejahatan di bidang perikanan sehingga masyarakat tetap menaruh kepercayaan kepada Polri selaku Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat. “ tutup Kasi Humas.

Bagikan ke teman kamu