Pimpin dan buka giat Lat Pra Ops Keselamatan Salawaku 2024, ini yang disampaikan Kapolres Kepulauan Tanimbar

Pimpin dan buka giat Lat Pra Ops Keselamatan Salawaku 2024, ini yang disampaikan Kapolres Kepulauan Tanimbar

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Dalam rangka kesiapan melaksanakan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Salawaku 2024, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., pimpin langsung Latihan Pra Operasi.

Kegiatan yang digelar pada Ruang Rapat Mapolres Kepulauan Tanimbar, Jumat (01/03/24) tersebut, Kapolres didampingi Kabag Ops AKP HENDRIK LAISINA dan diikuti oleh seluruh Personel Polres Kepulauan Tanimbar yang terlibat dalam Surat Perintah Kapolres Kepulauan Tanimbar NOMOR : SPRIN/326/II/OPS.1.3./2024 Tanggal 28 Februari 2024.

Dalam arahannya, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., mengatakan bahwa berkaitan dengan pelaksanaan Latihan Pra Operasi ini adalah merupakan kegiatan yang memang setiap tahun kita laksanakan, namun yang membedakan adalah situasi saat ini masih bertepatan dengan Operasi Mantap Brata (OMB) sehingga diharapkan dalam pelaksanaan kegiatannya agar disesuaikan dengan kondisi yang ada.

“Apabila melalui kegiatan operasi ini bisa mendukung kegiatan OMB, menurut saya hal itu tidak jadi masalah. Namun yang terpenting adalah esensi daripada sasaran operasi itu agar dapat disesuaikan dengan rencana operasi yang ada” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan bahwa kegiatan Operasi Keselamatan Salawaku 2024 Polres Kepulauan Tanimbar ini akan berlangsung selama 14 hari kedepan, yang dimulai dari tanggal 04 sampai dengan tanggal 17 Maret 2024. Sedangkan dalam operasi keselamatan lalu lintas Salawaku 2024 kali ini tema yang diambil adalah “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju”.

Dalam pelaksanaan operasi keselamatan Salawaku 2024 ini nantinya, sambung Kapolres, akan mengedepankan edukasi kepada masyarakat melalui upaya Preemtif dan Preventif. Meskipun begitu, diharapkan adanya penindakan atau penegakan hukum terhadap pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas untuk tetap dilakukan, mengingat banyak keluhan dari masyarakat pada saat kegiatan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat maupun Jumat Curhat yang berkaitan dengan masalah lalu lintas.

Selain itu, Kapolres juga menegaskan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan operasi keselamatan ini, sasarannya bukan hanya kepada masyarakat saja, namun termasuk juga kepada anggota Polri yang merupakan sasaran daripada kegiatan Operasi ini.

“Silahkan berkoordinasi dengan Sipropam selaku fungsi Pengawasan, sehingga sasaran kita bukan hanya keluar tapi juga kedalam” jelasnya.

Semoga dengan adanya kegiatan operasi keselamatan Salawaku 2024 ini, diharapkan mampu meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka rasio fatalitas korban kecelakaan lalu lintas hingga pelanggaran lalu lintas.

Sebelum membuka kegiatan tersebut, Kapolres mengingatkan kepada para Peserta agar ikuti pelaksanaan kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh. Bagi para Instruktur agar menyampaikan materinya dengan betul-betul, jangan hanya sekedar seremoni saja dan silahkan dibahas secara bersama. Kepada fungsi pengawasan agar diawasi dengan betul seluruh rangkaian kegiatan hingga selesai.

“Yang paling penting adalah Kesehatan tetap dijaga, mengingat kegiatan kita banyak agar silahkan diatur sedemikian rupa sehingga kondisi badan kita selalu fit dan prima” tutupnya.

Seusai arahan yang disampaikan oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar dan sekaligus membuka kegiatan Latihan Pra Operasi Keselamatan Salawaku 2024 tersebut, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian Materi oleh para Instrukur kepada para Peserta Latihan.

Bagikan ke teman kamu