Pangdam XV Pattimura dan Kapolda Maluku Pimpin Apel Gelar Pasukan TNI untuk Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024

Pangdam XV Pattimura dan Kapolda Maluku Pimpin Apel Gelar Pasukan TNI untuk Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024

POLDA MALUKU - Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han) dan Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si, secara bersama memimpin apel gelar pasukan TNI untuk kesiapan pengamanan Pilkada serentak Tahun 2024.

Apel gelar pasukan yang dihelat di lapangan apel Yonif 733/Masariku, Selasa (13/8/2024), ini turut dihadiri Danlantamal IX/Ambon, Kasdam XV/Pattimura, Danlanud Pattimura, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejaterahaan Setda Provinsi Maluku, Ketua KPU Provinsi Maluku, Perwakilan Ketua Bahwaslu Provinsi Maluku, PJU Gabungan TNI-POLRI, dan Personel Gabungan TNI-POLRI.

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, pentahapan Pilkada serentak yang akan dihelat tanggal 27 November 2024 mendatang telah dimulai sejak bulan ini.

"Oleh karena itu saat ini kita melaksanakan apel gelar pasukan untuk memastikan kesiapan kita baik personel maupun materil dalam menghadapi pilkada serentak," kata Pangdam.

Sebagai aparat TNI-Polri tentunya memiliki andil yang penting dalam mengamankan Pilkada. Olehnya itu, personel harus disiapkan secara optimal, sekaligus memonitoring perkembangan situasi keamanan di wilayah. Hal ini dilakukan agar pilkada dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

"Personel TNI akan melaksanakan tugas BKO ke Polda Maluku untuk membantu Polda Maluku dalam Pengamanan Pilkada nantinya," katanya.

Ia mengaku, situasi menjelang Pilkada tentu berpotensi membuka celah dari berbagai ancaman yang disebabkan karena perbedaan pandangan Politik.

Pangdam berharap setiap personel dapat memonitor situasi keamanan yang ada. Tingkatkan kewaspadaan kesiapsiagaan dalam menghadapi dan mengawal jalannya Pilkada 2024, sesuai tugas TNI yang tercantum dalam UU 34 Tahun 2004 tentang TNI.

"Mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas dan stabilitas keamanan dalam menghadapi Pilkada serentak di Provinsi Maluku, agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa hambatan ataupun gejolak yang berarti, kita semua bersaudara, basudara Pattimura,” ungkapnya.

Untuk membantu pengamanan Pilkada 2024 di Maluku, Pangdam mengaku pihaknya telah menyiapkan kurang lebih 1.962 personil TNI. Ribuan personel disiapkan untuk membantu mengamankan pelaksanaan Pilkada 2024.

"Kami juga menyiapkan personel cadangan kurang lebih 600 orang yang digunakan sewaktu-waktu jika ada perubahan situasi, beserta alutsista yang diperlukan,” kata Pangdam.

Di tempat yang sama, Kapolda Maluku dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pangdam XV/Pattimura dan Jajaran yang telah melaksanakan apel gelar pasukan hari ini.

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan ini menunjukan kesiapan, dedikasi dan sinergitas yang luar biasa dalam mendukung tugas Polri khususnya dalam melaksanakan pengamanan Pilkada serentak tahun 2024.

Kerjasama yang kuat antara TNI-POLRI, lanjut Kapolda merupakan pilar utama, dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Provinsi Maluku.

"Dan Saya yakin dengan dukungan penuh dari rekan-rekan TNI serta singritas yang solid dengan semua instansi terkait dan masyarakat Kita dapat menjamin proses demokrasi ini berjalan dengan aman lancar dan baik," harapnya.

Menurut Kapolda, semua pihak telah memahami perjalanan pilkada. Proses demokrasi ini merupakan salah satu momen krusial dalam perjalanan demokrasi.

"Tugas kita bukan hanya mengamankan tetapi juga untuk memastikan bahwa hak-hak demokrasi seluruh masyarakat Maluku dapat terlaksana dengan baik," katanya.

Kapolda berharap setiap anggota yang bertugas dapat meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga integritas dan bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini juga mengingatkan bahwa keberhasilan Pilkada tidak hanya menjadi tanggung jawab individu tetapi merupakan tanggung jawab bersama. "Kita sama-sama yang akan menentukan masa depan bangsa," ucapnya.

Sehubungan dengan pelaksanaan Pilkada serentak, Polda Maluku akan menggelar Operasi Mantap Praja Salawaku 2024. Operasi ini dilakukan dengan menggelar fungsi-fungsi Kepolisian dilapangan dalam bentuk Satuan Tugas di tingkat daerah.

"Terima Kasih bagi rekan-rekan TNI atas dukungan dan kerjasamanya, marilah kita jadikan apel ini untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024," pungkasnya.

Bagikan ke teman kamu