Operasi Patuh Siwalima 2021 Dimulai, Ini Penekanan Kapolda
Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si

Operasi Patuh Siwalima 2021 Dimulai, Ini Penekanan Kapolda

POLDA MALUKU - Polda Maluku resmi melaksanakan operasi lalu lintas terpusat dengan sandi Patuh Siwalima 2021.

Operasi Patuh resmi dibuka Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si melalui Apel Gelar Pasukan di lapangan upacara Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Senin (20/9/2021).

Apel gelar pasukan Operasi Patuh Siwalima, Kapolda didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Drs. Jan de Fretes, M.M. Turut hadir Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, Kajati Maluku, Danlantamal IX Ambon, Danlanud Pattimura Ambon, Danrem 151/Binaiya.

Hadir pula Irwasda dan para Pejabat Utama Polda Maluku, Kepala kantor Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Dinas Perhubungan provinsi Maluku dan pimpinan PT Jasa Raharja cabang Ambon.

Operasi Patuh Siwalima tahun ini mengusung tema "Tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib lalulintas dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 serta mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap di wilayah Maluku."

Dalam amanatnya, Kapolda Maluku menekankan beberapa hal untuk diperhatikan personil yang bertugas menjalankan operasi lalulintas tersebut.

"Personil yang bertugas agar dapat melakukan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang dianggap rawan kemacetan atau pelanggaran lalulintas dan kecelakaan," pinta Kapolda.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini juga meminta personil yang bertugas agar dapat melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalulintas (Kamseltibcarlantas).

Mantan Komandan Korps Lalulintas Polri ini juga meminta kepada personil yang bertugas agar dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya penyebaran covid-19.

"Lakukan sosialisasi dan penyuluhan melalui pemasangan spanduk himbauan, Baner, baleho dan stiker melalui media cetak, media elektronik dan media sosial online, laksanakan edukasi dan bangun kesadaran masyarakat untuk lebih tertib berlalulintas serta patuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-91 di Maluku," pintanya.

Jenderal bintang 2 Polri di Maluku ini juga mengingatkan personil untuk selalu memperhatikan faktor keselamatan dalam menjalankan tugasnya di lapangan.

"Setiap personil harus selalu memperhatikan keselamatan diri dan kesehatan diri dengan patuhi semua protokol kesehatan dalam mengantisipasi penularan covid-19 di lapangan," ingatnya.

Personil yang melaksanakan operasi Patuh Siwalima diminta untuk senantiasa menjunjung prinsip profesionalitas, dan bertanggung jawab.

"Jaga nama baik institusi polri yang kita cintai ini," pintanya.

Kapolda menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen yang ikut berpartisipasi sehingga pelaksanaan apel gelar pasukan dapat berjalan aman dan lancar.

"Semoga pengabdian kita di terima oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," imbuhnya.

Untuk diketahui, Operasi Patuh Siwalima 2021 juga dilaksanakan secara serempak di seluruh Polres jajaran Polda Maluku. Operasi dilaksanakan selama 14 hari ke depan hingga 3 Oktober 2021.

Operasi Patuh sendiri merupakan operasi kepolisian terpusat yang sasarannya memeriksa kelengkapan surat dan komponen utama kendaraan bermotor.

Operasi Patuh juga menyasar pengguna jalan yang melanggar semua aturan lalulintas. Sehingga terciptanya situasi lalulintas yang aman dan nyaman dan dapat meningkatnya ketertiban dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalulintas.

Total personil Polda Maluku dan Polres jajaran yang dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi Patuh Siwalima berjumlah 306 orang.

Personil Lalulintas sebagai garda utama pelaksana operasi di lapangan ditambah sejumlah personil bantuan operasi sebagai komponen pendukung dari Propam, Humas, serta personil Polisi Militer TNI.

Bagikan ke teman kamu