Danlantamal IX Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan
Doc. Humas Polda Maluku

Danlantamal IX Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri.

POLDA MALUKU - Pertemuan silaturahmi itu berlangsung di ruang kerja Kapolda, Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Senin (13/9/2021). Turut hadir Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes, Irwasda, Direktur Reskrimsus, dan Direktur Resnarkoba Polda Maluku.

Kedatangan jenderal bintang 1 TNI Angkatan Laut di provinsi Maluku ini disambut hangat oleh Kapolda Maluku.

"Selamat datang di Polda Maluku dan selamat atas jabatan baru sebagai Danlantamal IX Ambon. Jabatan ini merupakan amanah untuk kepentingan masyarakat kita," kata Kapolda mengawali pertemuan silaturahmi tersebut.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini berharap agar kerjasama atau sinergitas yang selama ini berjalan dengan baik antara Polri dan TNI AL senantiasa terbangun.

"Mudah-mudahan ke depan kita bisa semakin bersinergi dan eksis dalam melaksanakan program-program pemerintah khususnya saat ini yaitu program Vaksinasi," katanya.

Danlantamal IX Ambon Said Latuconsina menyampaikan terima kasih kepada Kapolda yang sudah berkenan menerima kedatangannya bersama rombongan.

"Terima kasih kepada Bapak Kapolda kerena beberapa waktu lalu ketika ada penilaian Lantamal terbaik, dalam penilaian tersebut melibatkan Brimobda Maluku, berkat dukungan dari Brimobda Maluku Lantamal IX Ambon dapat juara 1," katanya.

Danlantamal IX Ambon yang juga merupakan putra asli Maluku ini berharap adanya arahan dan bimbingan kepada pihaknya dalam melaksanakan tugas di Maluku.

"Kami mohon arahan dan bimbingan Bapak Kapolda Maluku kepada kami untuk melaksanakan tugas di Maluku," harapnya.

Kapolda Maluku menambahkan, secara geografis daerah ini memiliki garis pantai yang panjang, dan laut yang luas. Jarak tempuh dari 1 kabupaten kota ke daerah lainnya di Maluku sangat jauh.

"Banyak juga yang mencari ikan di perairan Maluku, entah di sana ada penyimpangan atau tidak. Kadang terjadi sesuatu seperti kecelakaan laut dan kebakaran kapal. Saya berharap agar ke depan hal-hal seperti ini bisa lebih termonitor," katanya.

Jenderal bintang 2 Polri di Maluku ini berharap agar Polda dan TNI AL dapat selalu berbagi informasi apapun. Sebab, komunikasi sangat penting.

"Saling memberikan informasi ini sangat penting, jangan sungkan apabila terjadi sesuatu bisa langsung diinformasikan kepada kami," pintanya.

Mantan Komandan Korps Lalulintas Polri ini juga mengaku di Maluku terdapat beberapa Pulau Terluar, Tertinggal dan Terpencil, bahkan berbatasan dengan negara tetangga.

Untuk sampai di pulau-pulau tersebut, kata Kapolda, hanya dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi laut. Namun beberapa bulan belakangan ini, situasi lautan di sejumlah perairan Maluku tidak dalam kondisi yang baik-baik saja.

"Beberapa bulan belakangan ini kita dihadapkan dengan cuaca yang tidak bersahabat sehingga pulau-pulau ini belum bisa kita jangkau untuk dilakukan vaksinasi," ungkapnya.

Selain itu, Kapolda juga mengaku pihaknya terkendala dengan minimnya tenaga vaksinator. Sehingga ia berharap ke dapan Polda Maluku dan Lantamal IX dapat bekerjasama.

"Kiranya ke depan bisa dilakukan kerjasama agar pulau-pulau ini bisa sama-sama kita jangkau untuk dilakukan vaksinasi," harapnya.

Bagikan ke teman kamu