Wakapolda Maluku Buka Diktukba Polri 2024

Wakapolda Maluku Buka Diktukba Polri 2024

POLDA MALUKU - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun, SIK., SH., M.Hum, membuka Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Gelombang Pertama Tahun 2024.

Pembukaan Diktukba yang ditandai dengan mandi kembang ini berlangsung di lapangan Koptu PH Sulo, SPN Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (13/2/2024).

Saat membacakan amanat Kalemdiklat Polri, Wakapolda Maluku menyampaikan selama 5 bulan para peserta Diktukba akan ditempa untuk menjadi insan Tribrata yang professional, bermoral, serta memiliki mental dan integritas yang baik.

"Selamat atas keberhasilan saudara yang telah dinyatakan lulus dan ditetapkan menjadi peserta didik pada program Pendidikan Pembentukan Bintara dan Tamtama Polri," katanya.

Ia mengatakan, keberhasilan yang telah diraih merupakan berkah dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa. Keberhasilan ini juga merupakan hasil dari perjuangan panjang melalui ketekunan, keuletan dan kesungguhan yang juga tentunya tidak lepas dari doa serta dukungan orang tau dan keluarga.

Mengakhiri amanatnya, Wakapolda Maluku memberikan penekanan kepada para siswa Diktukba Polri Polda Maluku untuk dipedomani dan dilaksanakan.

Para peserta diminta untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan bertindak dalam pelaksanaan pendidikan maupun kehidupan sehari-hari.

Peserta Diktukba juga diminta persiapkan fisik dan mental selama mengikuti Pendidikan, patuhi seluruh peraturan yang berlaku, hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat merugikan kehormatan pribadi, keluarga dan institusi.

Tunjukan sikap disiplin, penuh semangat dan tekad yang kuat serta motivasi yang tinggi bahwa tujuan kalian selama berada di lembaga pendidikan adalah untuk belajar, berlatih dan menempa diri.

Bangun komunikasi yang interaktif dan konstruktif antar sesama peserta didik, dengan pendidik, pelatih, pengasuh, dan seluruh unsur pelaksana Pendidikan sehingga akan terjalin hubungan yang solid dan harmonis.

Tanamkan sikap responsive dan Ikhlas dalam setiap proses belajar mengajar sehingga ilmu yang diberikan oleh gadik maupun instruktur benar-benar dapat diserap oleh para siswa sekalian.

"Untuk para orang tua sekalian, saya tekankan agar tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu jalannya proses pendidikan ini sehingga SPN Polda Maluku dapat mendidik dan melatih anak bapak ibu sekalian selama 5 bulan menjadi anggota Polri yang Profesional, bermoral serta memiliki mental yang kuat dan integritas yang baik," pintanya.

Untuk diketahui, jumlah peserta Diktukba Polri gelombang pertama tahun 2024 sebanyak 89 orang. Jumlah ini berasal dari 11 Polres Jajaran di Polda Maluku.

Bagikan ke teman kamu