Usai peringatan detik-detik Proklamasi, Kapolres Kepulauan Tanimbar hadiri upacara larung dan tabur bunga

Usai peringatan detik-detik Proklamasi, Kapolres Kepulauan Tanimbar hadiri upacara larung dan tabur bunga

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke - 79 tahun 2024, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Tanimbar Ny. ANJARIE UMAR, S.Sos., hadiri upacara larung bunga dan tabur bunga.


Kegiatan upacara yang dilaksanakan usai upacara detik-detik Proklamasi tersebut dipimpin oleh Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, Dr. ALWIYAH FADLUN ALAYDRUS, S.H., M.H., yang berlangsung di Dermaga Lanal Saumlaki Jln. Slamet Riyadi nomor 01, Dusun Lakateru, Desa Olilit Barat, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (17/08/24).


Pada rangkaian upacara dalam memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 tahun 2024 tersebut, diawali dengan melakukan penghormatan kepada arwah para Pahlawan yang telah gugur, selanjutnya mengheningkan Cipta yang dipimpin oleh Inspektur upacara.


Setelah itu, dilakukan pelarungan bunga sekaligus penaburan bunga yang dilakukan oleh Inspektur upacara serta diikuti oleh seluruh Forkopimda Kabupaten Kepulauan Tanimbar maupun para Pejabat yang hadir. Kemudian, dilanjutkan dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan dan ditutup dengan pembacaan Doa.


Usai upacara, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasi Humas Iptu OLOF BATLAYERI mengatakan, pelaksanaan upacara pelarungan dan tabur bunga dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini merupakan perwujudan rasa hormat dan penghargaan setinggi-tingginya atas jasa para pahlawan dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan.


“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air serta dapat memberikan penghormatan dan penghargaan kepada arwah para Pahlawan yang telah gugur” ungkapnya.


Upacara pelarungan dan tabur bunga tersebut pun berjalan dengan penuh khidmat dan rasa hormat. Kegiatan pun kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah yang berlangsung di Gedung Serbaguna Lanal Saumlaki. Sampai dengan Berita ini terbit, situasi Kamtibmas terpantau aman, tertib dan kondusif.

Bagikan ke teman kamu