Upacara Hari Kesadaran Nasional, Ini Arahan Kapolda Maluku

Upacara Hari Kesadaran Nasional, Ini Arahan Kapolda Maluku

POLDA MALUKU - Kepolisian Daerah Maluku melaksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Senin (18/12/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) yaitu Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun. Hadir dalam upacara itu para pejabat utama dan diikuti seluruh personel dan ASN Polda Maluku.

"Pada kesempatan yang baik ini Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel jajaran Polda Maluku atas kinerja, dedikasi dan integritasnya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari khususnya dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Maluku yang tetap aman dan kondusif," kata Wakapolda dalam sambutannya.

Wakapolda menyampaikan saat ini Polda Maluku sedang menjalankan Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku 2023-2024, yang merupakan rangkaian kegiatan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu).

Selain OMB, Polda Maluku sebentar lagi juga akan melaksanakan Operasi Lilin Salawaku dalam rangkaian pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kita akan melaksanakan pengamanan juga untuk hari raya besar umat Kristiani dan kita juga akan melaksanakan pergantian tahun yang tentunya akan dinikmati oleh semua orang, dan kitalah yang ditunjuk untuk mengamankan orang-orang yang sedang berbahagia, orang-orang yang beribadah dan kita harapkan semuanya aman dan kondusif," harapnya.

Di sisi lain, pengamanan puncak Pemilu yakni pencoblosan atau pemilihan suara pun akan digelar tanggal 14 Februari 2024. Tinggal 68 hari lagi, dan intensitas kinerja personel Polda Maluku semakin tinggi.

"Karena itu jaga kesehan rekan-rekan sekalian. Kontestasi pemilihan kepala daerah dan juga legislatif kita harus optimalkan fungsi premitif, preventif dan juga penegakan hukum," pintanya.

Wakapolda juga menyampaikan penekanan Kapolda Maluku, Irjen Pol Lorharia Latif untuk dipedomani dan diikuti oleh seluruh personel di jajaran Polda Maluku.

Upacara kesadaran nasional ini diharapkan dapat memantapkan kualitas pengabdian dan menumbuhkan semangat cinta tanah air bagi para personel. Personel juga diharapkan dapat menjaga kerukunan antar sesama dalam mewujudkan Maluku yang aman, damai, dan sejahtera.

"Laksanakan secara konsisten program Presisi Kapolri dan program Basudara Manise Kapolda Maluku untuk mewujudkan wilayah para Raja-raja ini menjadi aman, damai dan sejahtera," pintanya.

Kapolda menekankan kepada seluruh personel agar bisa mengantisipasi dan menyiapkan kekuatan serta peralatan untuk mencegah konflik sosial di masyarakat yang berpotensi menjadi kejahatan yang berdampak kontigensi.

"Laksanakan pengamanan personel dan pengamanan kegiatan masyarakat dan tetap meningkatkan kualitas dan sinergitas TNI Polri dan Pemda dalam menjaga situasi kamtibmas dalam keadaan aman dan kondusif," pintanya.

Para personel Polri juga diingatkan untuk menghindari diri atau terlibat dalam politik praktis. Jaga selalu netralitas sebagai anggota Polri yang Presisi.

"Saya mengucapkan Selamat hari Natal kepada seluruh personil yang melaksanakan, dan Selamat tahun baru 2024 untuk kita semua," tutup Wakapolda Maluku.

Bagikan ke teman kamu