Polres Kepulauan Tanimbar perketat pengamanan unras di Bawaslu dan KPU

Polres Kepulauan Tanimbar perketat pengamanan unras di Bawaslu dan KPU

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Perketat pengamanan, Polres Kepulauan Tanimbar diterjunkan amankan aksi unjuk rasa (unras) yang dilakukan oleh beberapa Masyarakat di Kantor Bawaslu dan Kantor KPUD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Rabu (11/09/24).


Adapun aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh beberapa Masyarakat para pendukung salah satu bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati tersebut, disebabkan karena adanya ketidakpuasan akibat dinyatakan tidak memenuhi syarat, saat berlangsungnya giat pendaftaran di Kantor KPUD pada beberapa hari lalu.


Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., M.H., melalui Kabag Ops AKP H. LAISINA yang memimpin jalannya pengamanan aksi unjuk rasa ini mengatakan, sejumlah Personel telah Kami terjunkan untuk melakukan Pengamanan. Bahkan telah dilakukan penambahan Personel pada Kantor KPU maupun Bawaslu, guna menjaga ketertiban umum, menghindari kemacetan hingga mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas.


“Personel telah Kami tempatkan di berbagai titik strategis, termasuk pintu masuk dan keluar Kantor KPU dan Bawaslu. Hingga, pengawalan maupun penempatan Personel disepanjang jalan yang menjadi rute utama para demonstran” terangnya.


Selain itu, pada aksi unjuk rasa tersebut, AKP H. LAISINA menjelaskan bahwa situasi sempat tidak kondusif yang ditandai dengan teriakan maupun massa yang ingin mendesak masuk ke dalam Kantor KPU. Sehingga, sempat dilakukannya negosiasi oleh pihak Kepolisian dengan para pengunjuk rasa.


“Situasi pada lokasi sempat diluar kendali, namun Kami berhasil melakukan mediasi. Hal ini tentunya agar massa dapat langsung menyalurkan aspirasinya dengan tertib dan tepat” tandasnya.


Meskipun demikian, lebih lanjut Kabag Ops menyebut, tidak menutup kemungkinan aksi serupa akan terjadi kembali, sehingga Kami (Polri) akan terus melakukan siaga guna mengantisipasi potensi gangguan maupun gejolak yang mungkin saja bisa terjadi. 


Lebih lanjut Kabag Ops mengungkapkan bahwa, pada prinsipnya Kami (Polri) tetap memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat. Tentunya Kami berkomitmen untuk terus mengawal aspirasi yang dilakukan oleh Masyarakat sehingga dapat disampaikan dengan tertib dan lancar, guna terciptanya situasi Kamtibmas yang Kondusif.


Aksi Unjuk yang dilakukan oleh beberapa Masyarakat pada Kantor KPUD dan Kantor Bawaslu Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini pun berakhir dan berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Serta, tidak ditemukan adanya hal-hal menonjol yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan Kondusifitas.

Bagikan ke teman kamu