Polres Kepulauan Aru Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

Polres Kepulauan Aru Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

Polres Kepulauan Aru kembali gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional bertempat di Lapangan Apel Polres Kepulauan Aru, Selasa 17/09/2024.


Yang bertindak sebagai Perangkat Upacara ialah personel Sat Samapta Polres Kepulauan Aru, Ps Kasubsi Penmas Sie Humas Polres Kepulauan Aru Aipda Yubilino Sahertian S.H mengatakan bahwa yang bertindak selaku Perwira Upacara adalah, Kasat Polair Polres Kepulauan Aru Iptu Hanok Pelatu, dan yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Ipda Januardias Sipayung, S.Tr.K.


Upacara Hari Kesadaran Nasional dipimpin oleh Wakapolres Kepulauan Aru, Kompol Johanis Horhoruw, AMK., S.H., dan di ikuti oleh PJU dan Personel Polres Kepulauan Aru.


Dalam Upacara ini Wakapolres Kepulauan Aru, Kompol Johanis Horhoruw, AMK., S.H., menyampaikan amanat dari Bapak Kapolda Maluku, "Mengawali amanat ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat ALLAH SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa memberikan perlindungan serta kesehatan kepada kita sekalian sehingga dapat hadir di tempat ini guna mengikuti upacara hari kesadaran nasional yang kita laksanakan secara rutin sebagai sarana untuk memupuk kesadaran dan loyalitas kita guna terwujudnya persatuan dan kesatuan.

Para peserta upacara yang saya banggakan, pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel jajaran polda maluku atas kinerja dan integritas dalam pelaksanaan tugas sehari-hari khususnya dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah hukum polda maluku yang tetap aman dan kondusif.

Saat ini kita sedang melaksanakan pentahapan operasi mantap praja salawaku 2024 yaitu pemeriksaan kesehatan para calon-calon gubernur/wakil gubernur, walikota/wakil walikota, dan bupati/wakil bupati. sebagai insan bhayangkara kita di tuntut harus netral dan tidak boleh memihak pada salah satu paslon yang berkonstansi, sehingga kepercayaan masyarakat kepada polri tetap terjaga, tak lupa juga kita tetap menjaga situasi kamtibmas pada masa politik saat ini, kita antisipasi penyebaran isu/berita hoax, semuanya itu di lakukan untuk kerukunan kita bersama.

Semangat dan dedikasi ini harus tetap terpelihara dan terjaga pada setiap insan bhayangkara polri polda maluku dalam memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat secara humanis, cepat dan tepat. setiap anggota polri harus mampu memahami tugas dan tanggung jawabnya serta mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya itu dengan baik.

Selanjutnya mari kita mempersiapkan diri untuk pelaksanaan tugas-tugas polri kedepannnya, termasuk rangkaian pemilu 2024 yang sekarang masih berproses di mk dan juga kesiapan kita pada pilkada serentak tahun ini yang pelaksanaannya pada bulan november 2024. para peserta upacara yang saya banggakan, sebelum mengakhiri amanat ini ada beberapa penekanan yang perlu dipedomani oleh para kasatwil serta seluruh anggota polda maluku, yaitu 

1. Terus tingkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa agar semua tugas polri berjalan aman dan lancar

2. Tampilkan sikap dan keteladanan sebagai abdi utama daripada nusa dan bangsa dalam melayani dan melindungi masyarakat

3. Cegah konflik-konflik sosial di masyarakat yang berpotensi menjadi kejahatan yang berdampak kontijensi melalui giat cooling system, patroli dan penegakan hukum

4. Respon cepat dan tindak lanjuti segera setiap keluhan serta laporan masyarakat yang memerlukan pelayanan, perlindungan, dan pengayoman

5. Konsisten lanjuti program presisi kapolri dan program basudara manise kapolda maluku untuk mewujudkan maluku yang aman, damai, dan sejahtera

6. Dan waskat anggota dari pelanggaran etik, disiplin dan terlibat pidana kejahatan

7. Tingkatkan soliditas dan sinergitas tni, polri, pemda, dan unsur lainnya dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif

Demikian amanat saya pada kesempatan yang berbahagia ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan, bimbingan dan petunjukNYA dalam tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara" 



Bagikan ke teman kamu