Polda Maluku Amankan Distribusi Sampul dan Surat Suara DPD RI ke Enam Kabupaten

Polda Maluku Amankan Distribusi Sampul dan Surat Suara DPD RI ke Enam Kabupaten

POLDA MALUKU - Personel Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Polda Maluku kembali mengamankan dan mengawal distribusi surat suara DPD RI dan sampul surat suara Pemilu 2024 ke enam Kabupaten di Maluku, Senin (8/1/2024).

Enam kabupaten yang dilakukan pendistribusian logistik pemilu diantaranya Kepulauan Aru, Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Tengah (Malteng), Seram Bagian Timur (SBT), Buru, dan Buru Selatan (Bursel).

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat, mengatakan, khusus untuk Kepulauan Aru, pengiriman surat suara DPD RI dilakukan menggunakan KM Ngapulu. Surat suara yang dikirim berjumlah 148 koli.

Sementara untuk kabupaten SBB, Malteng, SBT, Buru, dan Bursel, dilakukan pengiriman sampul surat suara.

Sampul surat suara yang dikirim diantaranya untuk kabupaten SBB sebanyak 70 koli dan 4 pak; Malteng 81 koli; SBT 52 koli dan 1 pak; Buru 49 koli, dan Bursel 32 koli.

Proses pengamanan dan pengawalan logistik Pemilu tersebut dilakukan sejak proses pembongkaran yang berlangsung di Pelabuhan Terminal Peti Kemas Ambon, hingga ke daerah tujuan.

"Hari ini kami mengamankan dan mengawal pengiriman logistik Pemilu. Untuk ke KPU Aru berupa surat suara DPD RI. Sedangkan untuk pengiriman ke SBB, Malteng, SBT, Buru dan Bursel yaitu berupa sampul surat suara," ungkap Kombes Rum.

Pengiriman logistik pemilu tersebut dilaksanakan dengan menggunakan jalur laut maupun darat. Untuk jalur darat yaitu SBB, Malteng, SBT, Buru, dan Bursel.

"Artinya logistik pemilu diangkut dengan truk dari Ambon sampai ke daerah masing-masing. Nanti menggunakan kapal fery penyeberangan. Sementara untuk jalur laut seperti Aru yang menggunakan KM. Ngapulu," jelasnya.

Setiap daerah yang dituju, Kombes Rum mengaku akan dikawal oleh minimal dua anggota Polda Maluku. Pengawalan dilakukan dari Ambon sampai ke tempat penyimpanan logistik pemilu milik KPU setempat.

"Kami berharap proses pengiriman berjalan aman dan lancar hingga tiba di gudang penyimpanan milik KPU masing-masing," harapnya.

Bagikan ke teman kamu