Pimpin Minggu Kasih di Gereja, Kasat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar Imbau jaga Kamtibmas

Pimpin Minggu Kasih di Gereja, Kasat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar Imbau jaga Kamtibmas

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Sebagai tindak lanjut dari Program Kapolri demi menjalin kedekatan dan silaturahmi dengan Masyarakat, Sat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar menggelar Minggu Kasih di Gereja Santa Maria Fatima, Desa Kabiarat, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


Program bertajuk Minggu Kasih yang merupakan tindak lanjut dari Beyond Trust Presisi Polri ini dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar Iptu JOHANIS SAMPONU. dengan dihadiri oleh Umat Katolik yang hadir, diawali dengan pelaksanaan Ibadah Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor RD HENDRA SVD tersebut, Minggu (15/09/24).


Sementara itu, dalam imbauan dan pesan yang disampaikan, Kasat Binmas memberikan pemahaman hukum terkait dampak buruk yang ditimbulkan karena mengkonsumsi minuman keras tradisional berupa sopi. Mengingat berbagai macam kasus kekerasan terjadi peningkatan yang sedang ditangani Polres Kepulauan Tanimbar, baik itu penganiayaan, KDRT hingga perbuatan asusila yang melibatkan Anak sebagai korban.


“Miras merupakan pemicu terjadinya konflik dan berujung pada tindak pidana yang dapat merugikan diri sendiri dan Keluarga. Sehingga, pentingnya untuk Kita mencegah hal tersebut dengan tidak mengedarkan maupun mengkonsumsinya” tandasnya.


Lebih lanjut Iptu JOHANIS SAMPONU menjelaskan bahwa, pada bulan ini akan digelarnya pembukaan lahan maupun kebun baru. Sehingga untuk menghindari konflik yang bisa saja meluas antar Desa, dirinya menghimbau dan mengajak Masyarakat para Umat yang hadir untuk tidak melakukan aktivitas pada area maupun lahan sengketa. Hal ini diharapkan bisa menjadi perhatian penting, demi terciptanya Kamtibmas yang Kondusif.


Sebagai upaya Cooling System jelang Pilkada serentak Tahun 2024 yang saat ini telah memasuki proses pentahapan, Iptu JOHANIS SAMPONU menyampaikan kepada Masyarakat untuk selalu menjaga Kamtibmas. Pilihan boleh berbeda, namun persatuan dan persaudaraan harus tetap kita jaga, agar terciptanya Pilkada yang sejuk dan damai.


“Hindari pelanggaran Pemilu dengan tidak terlibat langsung dalam Politik Praktis baik itu Money Politic maupun Kampanye Hitam. Serta, tidak mudah mempercayai berita Hoaks maupun isu sara yang dapat menimbulkan terjadinya perpecahan” tuturnya.


Menutup Imbauan dan pesan Kamtibmas yang disampaikan, Kasat Binmas mengajak Warga para Umat yang hadir untuk segera laporkan apabila melihat mengetahui maupun mengalami adanya permasalahan terkait gangguan Kamtibmas hingga tindak kejahatan kepada 3 (tiga) pilar yang ada di Desa, diantaranya Kepala Desa, Bhabinkamtibmas maupun Babinsa sehingga dapat segera ditangani.


Kegiatan Minggu Kasih ini pun berlangsung dengan aman, lancar dan diwarnai dengan penuh keakraban yang menunjukkan komitmen Polres Kepulauan Tanimbar dalam menjalin kemitraan yang erat dengan Masyarakat guna meningkatkan pelayanan dan keamanan, serta menjadi wujud nyata dari kerja sama antara Polres Kepulauan Tanimbar dengan Masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Bagikan ke teman kamu