Peringati HUT RI Ke-78, Polda Maluku dan Jajaran Tanam Pohon Secara Serentak Dalam Rangka Penghijauan Kembali Wilayah Yang Tandus

Peringati HUT RI Ke-78, Polda Maluku dan Jajaran Tanam Pohon Secara Serentak Dalam Rangka Penghijauan Kembali Wilayah Yang Tandus

POLDA MALUKU - Kepolisian Daerah Maluku beserta Polres jajaran menggelar penanaman anakan pohon secara serentak untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78. Penanaman pohon juga dilaksanakan serempak di Indonesia yang dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Labuan Bajo, NTT

Penanaman pohon di wilayah Maluku, dipandu Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif. Kegiatan berlangsung di halaman depan Markas Polda Maluku, Jalan Sultan Hassanudin, Tantui, Kota Ambon, Rabu (23/8/2023).

Polda Maluku sendiri melakukan penanaman 1000 pohon. Penanaman telah berlangsung sejak tanggal 18 Agustus 2023 yang bertempat di beberapa lokasi. Salah satunya di lapangan tembak SPN Polda Maluku di Passo.

Beragam pohon ditanam Polda Maluku, mulai dari Cengkih, Pala, Rambutan, Durian, Mangga, hingga berbagai tanaman endemik Maluku lainnya.

Saat penanaman digelar, Kapolda didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun, beserta seluruh pejabat utama Polda Maluku dan pengurus Bhayangkari Daerah Maluku.

Dalam arahannya saat apel kesiapan penanaman pohon, Kapolda menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat. Penanaman ini masih dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia.

"Saat ini juga Bapak Kapolri dan rombongan sedang berada di wilayah Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur) dalam rangka menghadiri pertemuan AMMTC ke 17. Di sana juga akan dilaksanakan penanaman pohon. Olehnya itu kita di Polda Maluku juga melaksanakan penanaman pohon secara serentak di halaman Mapolda, dan diikuti seluruh Kapolres jajaran di Polres masing-masing," ungkapnya.

Penanaman pohon, kata Kapolda, mengusung tema "Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini". Hal ini penting dilakukan yang bertujuan untuk penghijauan, serta menjaga lingkungan tetap aman dan asri.

"Saya sangat berharap pohon yang kita tanam nantinya kelak dapat bermanfaat untuk generasi kita ke depan," harapnya.

Penanaman pohon yang dilakukan secara sermpak di Maluku, tambah Kapolda, juga merupakan wujud dari kepedulian Polri untuk melestarikan penghijauan.

"Kami mengajak masyarakat agar mari kita sama-sama menjaga lingkungan kita agar tetap hijau, menjaga lingkungan tetap sehat dengan tidak menebang pohon secara sembarangan," ajak Kapolda.

Bagikan ke teman kamu