Operasi Bina Waspada, Polda Maluku Sapa Siswa SMA Negeri 5 & 13 Ambon

Operasi Bina Waspada, Polda Maluku Sapa Siswa SMA Negeri 5 & 13 Ambon

POLDA MALUKU - Kepolisian Daerah Maluku menggelar Operasi Bina Waspada tahun 2023 dengan mengunjungi dua SMA Negeri di kota Ambon, Senin (4/9/2023).

Dalam operasi yang bertujuan mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) ini, personel Direktorat Binmas Polda Maluku mengunjungi dan menyapa para siswa di SMA Negeri 5 dan 13 Ambon.

Selain memberikan sosialisasi terkait pentingnya menjaga Kamtibmas, personel Polda Maluku juga menjadi inspektur upacara kenaikan bendera.

Di SMA Negeri 13 Ambon di Hative Kecil, yang menjadi inspektur upacara yakni Kompol Hendrikus Rumsory, Kasubdit Polmas Ditbinmas Polda Maluku. Sementara di SMA Negeri 5 Ambon di Halong, bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Iptu Sulaiman Tuatubun, Ps. Paur Sibinorsosmas Ditbinmas Polda Maluku.

Dalam amanatnya, kedua inspektur upacara itu meminta seluruh siswa agar selalu selektif dan berhati-hati dalam pergaulan. Para siswa diharapkan tidak bergaul dengan orang yang baru dikenal, dan dapat mencari teman sebaya yang berperilaku baik. Hal ini dilakukan agar mereka tidak terpengaruh pergaulan bebas yang mengarah pada perilaku dan tindakan tercela, bahkan bisa melanggar hukum.

Para siswa juga diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan kesadaran diri agar dapat terhindar dari pengaruh paham radikalisme, intoleran dan anti Pancasila.

Siswa SMA Negeri 13 dan 5 Ambon juga diminta untuk dapat berperan aktif dalam menjaga Kamtibmas. Caranya dengan terlibat pada berbagai kegiatan positif dan dapat bermanfaat pada diri sendiri. Bahkan bisa memberikan berkontribusi positif kepada sekolah dan tanah air.

"Kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini kelompok radikalisme dan intoleransi masih terus mengembangkan paham mereka di tengah-tengah masyarakat agar mereka bisa mendapatkan kader baru," katanya.

Ia mengatakan, dengan kemajuan teknologi saat ini, para kelompok radikalisme yang anti pancasila itu pun mengembangkan pemahaman mereka melalui media sosial. Mereka mampu mendoktrin paham mereka kepada orang-orang yang menjadi target di medsos.

"Saya harap adik-adik semua bisa tetap waspada dan dapat mencegah paham radikalisme dan intoleransi karena dengan dimikian maka ruang gerak mereka bisa di persempit," pintanya.

Untuk diketahui, Operasi Bina Wapada merupakan operasi kewilayahan yang digelar oleh seluruh Polda di Indonesia selama 14 hari. Untuk wilayah Maluku Operasi Bina Waspada telah dilaksanakan sejak tanggal 1 - 14 September 2023 mendatang.

Bagikan ke teman kamu