Malam Puncak Hari Bhayangkara Meriah, Kapolda Maluku Berikan Penghargaan Kepada Masyarakat

Malam Puncak Hari Bhayangkara Meriah, Kapolda Maluku Berikan Penghargaan Kepada Masyarakat

POLDA MALUKU - Malam puncak perayaan hari Bhayangkara ke-77 digelar Polda Maluku secara meriah di Plaza Presisi Manise Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Senin (10/7/2023).

Kemeriahan malam puncak hari ulang tahun Polri ini diiringi dengan Siwalima Strings Orchestra. Para penyanyi ternama asal Maluku serta anak-anak dari komunitas musik ukulele, terompet dan totobuang, juga terlibat dalam kemeriahan tersebut. Kapolda, Gubernur, Pangdam dan Danlantamal juga ikut memeriahkan bersama anak-anak dengan menyanyi dan memetik alat musik ukulele.

Selain menampilkan para penyanyi profesional, kemeriahan Malam Polri Presisi untuk Negeri juga diisi dengan tampilan vokal grup dari Pejabat Utama (PJU) Polda Maluku yang terdiri dari Kapolda, Wakapolda, Irwasda, Karo Ops dan Karo SDM.

Tak ketinggalan, para PJU Kodam XVI/Pattimura, juga ikut mengisi dan meramaikan acara. Mereka menyanyikan lagu selamat ulang tahun sembari menyampaikan ucapan selamat hari Bhayangkara ke-77 kepada Polda Maluku. Lagu dangdut Malele, juga ikut dipersembahkan hingga mengundang Kapolda, Gubernur, Pangdam, Danlantamal ikut bergoyang bersama sebagai wujud sinergitas TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah.

Pada acara tersebut, Diva Polwan Polda Maluku juga ikut menyumbangkan lagu setelah beberapa penyanyi lainnya tampil seperti Presly Malaut. Ia membawakan lagu daerah berjudul Aipda Anumerta Karel Sadsuitubun, yang monumennya telah diresmikan oleh Kapolda Maluku beberapa waktu lalu. Penyanyi lainnya juga ada J. Sipahelut yang membawakan tiga buah lagu, serta Beto Idol.

Selain hiburan, malam Polri Presisi untuk Negeri di Maluku, juga dimeriahkan dengan pemberian penghargaan dari Kapolda Maluku. Penghargaan diberikan kepada anggota, maupun ibu Bhayangkari berprestasi, serta Polres-polres terbaik.

Kepada pihak internal Polri penghargaan Kapolda diberikan kepada Kapolsek Serwaru, Polres Maluku Barat Daya. Polsek Serwaru oleh Kompolnas RI masuk dalam 5 Polsek terbaik di Indonesia.

Penghargaan juga diberikan kepada Ibu Bhayangkari berprestasi yakni Fitria Wakano, seorang perawat. Briptu Renalti Pelupessy, anggota Polri yang mengalami amputasi kaki kiri, juga mendapat penghargaan. Pasalnya, meski dengan kondisi tersebut, ia masih setia bekerja melayani masyarakat dengan kaki palsu bantuan dari Kapolda Maluku.

Penghargaan lain yang juga diberikan yaitu kepada Polres Presisi. Diantaranya Polres Maluku Tengah dan Polres Kepulauan Aru. Kedua Polres ini mendapat penghargaan sebagai Polres Prediktif.

Untuk Polres yang Responsibilitas, diraih oleh Polres Maluku Tengah dan Polres Kepulauan Tanimbar. Sedangkan Polres yang Transparansi berkeadilan diraih oleh Polresta Ambon dan Polres Maluku Tenggara.

Sementara penghargaan Kapolda Maluku untuk masyarakat diberikan kepada Komunitas The Mulung yang dibentuk Olivia. Komunitas ini bergerak pada kebersihan lingkungan.

Penghargaan lainnya diterima oleh Ode Hermansyah yang peduli pada dunia pendidikan. Ia membangun taman baca untuk anak-anak, Tempat Pengajian Al-Qur'an di Dusun Pelita Jaya, serta menggulirkan program literasi.

Aktivis penggiat komunitas tuli, juga diberikan penghargaan dari Kapolda Maluku. Mereka dinilai telah membantu melatih bahasa isyarat penyandang disabilitas bagi penyidik Polda Maluku.

Sejumlah penghargaan yang diberikan tersebut ikut diserahkan oleh selain Kapolda Maluku, juga diberikan Gubernur, Pangdam, Danlantamal, Wakil Ketua DPRD Maluku, maupun Ketua Bhayangkari Daerah Maluku.

"Saya selaku Kapolda menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para penerima penghargaan baik pihak internal Polri maupun masyarakat," katanya.

Kepada masyarakat penerima penghargaan, Kapolda berharap apresiasi tersebut dapat memacu semangat untuk terus berkarya dalam aksi-aksi sosialnya di tengah warga.

"Untuk anggota Polri, saya selaku Kapolda berharap penghargaan yang diberikan dapat memacu semangat dan meningkatkan kinerja, termasuk bekerja di luar tupoksinya," harap Irjen Latif.

Di sisi lain, penghargaan yang diberikan tersebut, pun diharapkan dapat menjadi motivasi bagi anggota lainnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kami belum sempurna, masih banyak kekurangan di dalam pelaksanaan tugas, tapi kami tetap berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk melayani masyarakat Maluku," ungkapnya.

Bagikan ke teman kamu