Lewat DDS, Bhabinkamtibmas Tumbur lakukan Cooling System jelang Pilkada

Lewat DDS, Bhabinkamtibmas Tumbur lakukan Cooling System jelang Pilkada

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Berbagai upaya telah dilakukan oleh Kepolisian untuk terus menciptakan rasa aman dan damai di tengah-tengah Masyarakat, khususnya menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024, lewat kehadiran Polri di tengah-tengah Masyarkat.


Salah satunya yaitu, Cooling System lewat Door to Door System (DDS) yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Tumbur Polsek Wertamrian, Brigpol V. P. PALLY kepada Warga binaannya di Desa Tumbur, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Minggu (15/09/24).


Door to Door System (DDS) ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dari rumah satu ke rumah lainnya, untuk membangun kedekatan dengan Masyarakat. Melalui kesempatan itu, Brigpol V. P. PALLY tak hanya sekedar berinteraksi saja, namun juga sebagai upaya untuk membangun kepercayaan dan keakraban, yang terjalin diantara Kepolisian dengan Masyarakat.


Dalam kegiatan itu, nampak terlihat Bhabinkamtibmas secara intens melakukan komunikasi aktif dan berinteraksi secara langsung dengan Masyarakat. Ia berpesan kepada Warga binaannya tentang, pentingnya menjaga kedamaian, ketertiban, kerukunan dan solidaritas antar Warga Masyarakat. Hindari segala bentuk konflik yang berujung merugikan diri sendiri.


“Pilihan boleh berbeda, namun persatuan dan persaudaraan harus tetap Kita pupuk dan jaga, agar terciptanya Pilkada yang aman, sejuk dan damai” ungkapnya.


Lewat proses tahapan Pemilihan Kepala Daerah disaat ini, selanjutnya Ia meminta dukungan aktif dan kerja sama dari seluruh elemen Masyarakat untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang Kondusif di lingkungannya serta, hindari pelanggan Pemilu dengan tidak terlibat langsung dalam Politik Praktis baik itu Money Politic, Kampanye Hitam. Serta, tidak mudah mempercayai isu sara maupun informasi yang belum tentu kebenarannya (Hoax).


Selain itu, Bhabinkamtibmas pun memberikan pemahaman hukum kepada Warga yang dikunjunginya untuk dapat menyampaikan kepada teman, sahabat maupun tetangga lainnya terkait dampak buruk yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi minuman keras tradisional berupa sopi secara berlebihan. Seperti, timbulnya keributan, kegaduhan hingga menyebabkan perbuatan tindak pidana.


Ditempat terpisah, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Wertamrian Ipda BRYANTRY MAULANA, S.Tr.K., menekankan tentang pentingnya DDS ini sebagai bagian dari strategi Kepolisian dalam membangun kemitraan dengan Masyarakat. Oleh sebab itu, Ia terus memotivasi para Bhabinkamtibmas untuk dapat mengoptimalkan kegiatan ini, guna memberikan Imbauan terkait situasi kamtibmas khususnya jelang Pilkada serentak.


“Lewat kehadiran Bhabinkamtibmas dan komunikasi yang intens ini, Kami berharap dapat memberikan rasa aman dan nyaman, serta cepat mengetahui dan mengatasi berbagai masalah yang mungkin saja timbul” jelas Kapolsek.


Warga setempat pun turut menyambut baik kegiatan ini, mereka berharap agar kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin. Lewat kegiatan ini, tentunya mereka merasa lebih diperhatikan serta merasa aman dan nyaman lewat kehadiran pihak Kepolisian di tengah-tengah mereka.

Bagikan ke teman kamu