Kesiapan SPKT Polsek Kisar Dalam Pengecekan Tahanan, Pastikan Kondisi Tahanan Baik dan Sehat

Kesiapan SPKT Polsek Kisar Dalam Pengecekan Tahanan, Pastikan Kondisi Tahanan Baik dan Sehat

Humas Polres MBD  – Untuk memastikan tahanan dalam ruang tahanan Polsek Kisar merasa aman, SPKT Polsek Kisar melaksanakan pengecekan ruang tahanan maupun kondisi tahanan di Rutan Polsek Kisar pada Sabtu malam (14/09/2024). 


Personel SPKT Polsek Kisar Bripda A.F. Ratupaira dengan didampingi piket provos Brigpol Daniel Mehen melakukan pengecekan ruang tahanan dan keadaan para tahanan kemudian para tahanan diingatkan untuk berperilaku baik dan menjaga kesehatan dan kebersihan ruang tahanan selama menjalani masa tahanan di Rutan Polsek Kisar. 


Terkait dengan hal itu Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K melalui Kapolsek Kisar Iptu Rudy Ahab, S.H saat dikonfirmasi mengatakan, Kegiatan pengecekan tahanan adalah merupakan kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan oleh personel Polri di rutan Polri yang ada tahanannya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dalam mengawasi keberadaan tahanan serta memastikan keamanan tahanan yang mendekam di ruang tahanan pada Rutan Polri. 


Menurut Kapolsek, Pemeriksaan kesehatan terhadap tahanan wajib kita lakukan, hal tersebut adalah merupakan rutinitas yang harus dilaksanakan oleh personel Polsek jajaran melalui koordinasi dengan tenaga medis setempat dalam hal perawatan terhadap tahanan yang sakit dengan mengacu pada Perkap Nomor 4 tahun 2005 tentang Pengurusan Tahanan pada Rutan Polri.  


Kapolsek juga menambahkan, Selain kegiatan pengecekan terhadap kondisi tahanan, ada hal penting yang harus dipenuhi oleh petugas jaga tahanan terkait perlakuan terhadap tahanan dalam hal terpenuhinya ketersediaan air minum dan makanan yang sesuai dengan standard kebersihan dan kesehatan. 


“ Pimpinan juga mengingatkan terhadap setiap orang yang datang membesuk tahanan, anggota jaga tahanan agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan untuk menghilangkan kecurigaan lakukan pemeriksaan terhadap barang / makanan yang dibawa guna memastikan tidak terdapat barang bawaan yang berbahaya, langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan barang / benda tajam atau makanan yang berbahaya jangan sampai lolos terbawa masuk ke ruang tahanan. “ tutup Kapolsek.

Bagikan ke teman kamu