Kembali gelar Jumat curhat, Wakapolres Kepulauan Tanimbar dengar keluhan Masyarakat

Kembali gelar Jumat curhat, Wakapolres Kepulauan Tanimbar dengar keluhan Masyarakat

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Guna menyerap secara langsung keluhan serta saran hingga masukan dari Masyarakat, Polres Kepulauan Tanimbar menggelar giat Jumat Curhat dengan menghadirkan para Pedagang maupun komunitas Ojek.


Dengan mengusung tema “Polres Kepulauan Tanimbar wujudkan Polisi Keselibur (Polisi Sahabat Masyarakat)” giat Jumat Curhat ini dikemas dengan berbagai inovasi. Ada yang digelar dengan nongkrong bersama Warga, menyambangi Warga, ada pula yang memanfaatkan fasilitas umum seperti Pasar, Warung bahkan pada tempat-tempat Ibadah seperti Masjid maupun Gereja.


Kali ini, Kegiatan yang dipimpin oleh Wakapolres Kepulauan Tanimbar Kompol FRIHAMDENI, S.H., S.I.K., M.A., dengan didampingi oleh para Kasat, Perwira Staf maupun Personel ini berlangsung di Saumlaki Town Square (Satos), Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat (13/09/24).


Nampak dalam suasana santai dan penuh keakraban, Wakapolres Kepulauan Tanimbar Kompol FRIHAMDENI, S.H., S.I.K., M.A., mengatakan, tujuan daripada giat Jumat Curhat ini untuk mendengar secara langsung keluhan serta kritikan dan masukan dari Masyarakat menyangkut Harkamtibmas, sekaligus terkait kinerja Polri yang bertujuan agar kedepan Polri dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat.


Wakapolres pun memberikan edukasi dan pemahaman terkait dampak buruk yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi minuman keras tradisional berupa Sopi yang hanya diperuntukan untuk prosesi Adat. Hal ini apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan kekerasan sehingga akan berdampak pada konflik sosial Kemasyarakatan.


“Tentunya Kami (Polri) perlu dukungan dan peran aktif dari seluruh elemen Masyarakat dalam menekan angka kriminal yang saat ini sangat tinggi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Oleh sebab itu, Kami berharap aspirasi Masyarakat agar dapat disamapaikan lewat Jumat Curhat ini” jelas Wakapolres.


Lebih lanjut, Kompol FRIHAMDENI, S.H., S.I.K., M.A., pun mengajak sekaligus menekankan kepada Masyarakat lebih khusus para Komunitas Ojek tentang pentingnya menaati peraturan lalu lintas yang salah satunya hal krusial yang sering dilakukan oleh Masyarakat terkait penggunaan Helm SNI saat berkendara. Ia pun menekankan agar dalam berlalu lintas tidak mengkonsumi minuman keras saat berkendara, hal ini untuk menghindari terjadinya fatalitas kecelakaan demi keselamatan bersama.


Sebelum menutup kegiatan tersebut, Wakapolres menghimbau agar selalu menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di lingkungannya menjelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024, baik itu Calon Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Ia pun menekankan tentang pentingnya untuk menjaga persatuan dan persaudaraan di tengah-tengah Masyarakat, utamanya di tengah perbedaan pilihan politik. Dirinya berharap, jangan sampai terjadinya perpecahan apabila terjadi perbedaan pilihan.


“Mari kita kawal semua proses Pilkada ini agar dapat terlaksanakan dengan aman, damai dan lancar” tutupnya.


Kegiatan yang berlangsung dengan penuh kebersamaan ini kemudian dimanfaatkan oleh para Masyarakat yang hadir untuk memberikan pertanyaan hingga masukan.Dengan memberikan penjelasan dan solusi yang komprehensif, Wakapolres Kepulauan Tanimbar langsung menanggapi pertanyaan maupun aspirasi yang disampaikan.


Acara ini pun nampak berlangsung dengan aman dan tertib, serta mendapat sambutan yang baik dan apresiasi dari para Pedagang maupun komunitas Ojek hingga Masyarakat yang hadir lewat ucapan terima kasih. Kebersamaan ini kemudian ditutup dengan foto bersama.

Bagikan ke teman kamu