Kapolsek Leitisel mengikuti Deklarasi pemilu Damai Ciptakan Situasi kamtibmas yang kondusif

Kapolsek Leitisel mengikuti Deklarasi pemilu Damai Ciptakan Situasi kamtibmas yang kondusif

Polresta P.Ambon & P.P lease - Memasuki momen politik dan dalam upaya menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, Selasa (21/11/2023) dilakukan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024. Deklarasi dilakukan menjelang, selama dan Pasca Pemilu 2023 - 2024 yang merupakan rangkaian kegiatan Operasi Mantab Brata (OMB) Salawaku.


Deklarasi dipusatkan di Aula Kantor Kecamatan Leitimur Selatan, Leahari Kota Ambon dihadiri Kapolsek Leitimur Selatan Ipda Rommy Pradipta bersama Anggota melaksanakan OMB Giat Preemtif dan Preventif terkait situasi Kamtibmas, menjelang Tahun Politik kedepan.
Ikut dihadiri pula, Camat Leitimur Selatan Willem Waas, Danramil Baguala Kapten Inf Sudarsono, Sekcam Leitimur Selatan Ivan Pattinama Ketua Panwas Leitimur Selatan Sdr Felmy Kailuhu bersama staf, Ketua PPK Leitimur Selatan Sdr Benjamin Souhuwat bersama staf Raja sekecamatan Leitimur Selatan, PPS sekecamatan Leitimur Selatan, Perwakilan 17 Partai Politik, Para tokoh agama dan tamu undangan lainnya.


Camat Leitimur Selatan dalam arahannya meminta janganlah melihat hal- hal yang sementara bergejolak namun harus tetap menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila serta kebersamaan dalam menuju pemilu yang aman. Dalam komitmen ini, Camat mengajak seluruh masyarakat untuk bersama sama menjaga pemilu yang damai.
"Kami mengingatkan untuk selalu merefleksi diri kita semua dan memperbaiki segala kekurangan dalam pelaksanaan pemilu yang telah berlangsung sebelum-sebelumnya, agar tercipta pemilu yang damai dan kondusif dan saya berpesan Kepada PPK kiranya dapat menjaga amanah yang dipercayakan yang diberikan dengan harapan bekerjalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, jaga Netralitas penyelenggara Pemilu ditempat dimana ditugaskan di Kecamatan Leitimur Selatan, sebab hal tersebut merupakan modal yang sangat penting dan berharga dalam mengawal tegaknya demokrasi," tandasnya.


Camat berharap agar jadikan momentum ini untuk meningkatkan kualitas demokrasi dengan harapan nantinya pemilu akan semakin baik, dan didukung oleh partisipasi pemilih yang tinggi. Karenanya, semoga tugas yang saudara emban dapat dilakukan sebaik-baiknya dengan profesional, mempunyai integritas, jujur dan adil serta senantiasa menjaga netralitas mulai dari tahapan demi tahapan pemilu sampai menghasilkan pimpinan Negeri yang dikehendaki oleh masyarakat secara demokratis.


Sementara itu, Kapolsek Leitimur Selatan juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah bersama-sama Sinergi, Solid dengan aparat keamanan dalam menjaga situasi kamtibmas yg aman kondusif di Kecamatan Leitimur Selatan.
"Kami sangat berterima kasih sekali karena dengan momen ini kita bisa berkolaborasi bersama dalam menjaga pemilu yang aman dan damai. Pemilu boleh berbeda pilihan, keberagaman itu anugerah termasuk perbedaan pilihan, ujung-ujungnya tetap bersatu padu. Untuk itu dalam pelaksanaannya harus berjalan aman, nyaman, dan tentram," pintanya.


Diakuinya, berbeda pilihan itu biasa tapi jangan karena berbeda pilihan dapat di provokasi karena beda pilihan namun harus tetap menjaga Kamtibmas yang aman dana damai menjelang Pemilu 2024. "Kami sebagai anggota Polri siap melakukan pengamanan dalam menjaga kedamaian dan menciptakan iklim Pemilu yang lebih positif dan kita sepakat untuk berbuat baik. Penting bagi kita untuk menjaga agar iklim pemilu menjadi lebih baik dan memberikan contoh yang positif bagi generasi penerus kita. Karena itu momen ini diharapkan mampu menjadi langkah awal dalam menciptakan Pemilu yang kondusif dan menguntungkan bagi masyarakat," ujarnya.


Kapolsek menekankan, Hindari perbuatan perbuatan tercela yg dapat merusak proses Demokrasi yg berdampak terjadinya Gangguan, tetap Sinergi dan Solid dengan smua Stackhorder yg ada kaitan dgn proses Demokrasi (Pemilu) sesuai tugas pokok masing-masing.
Masih ditempat yang sama Danramil Baguala pada intinya juga menyampaikan,sebagai TNI tetap akan bersinergi dengan Polri untuk tetap bersama sama menjaga pemilu 2024 yang aman dan damai.
"Untuk itu saya mengajak kita semua elemen masyarakat bersama sama menjaga komitmen bersama dalam mewujudkan pemilu yang aman dan damai. Kami sangat mengapresiasi Camat, Kapolsek, PPK dan Panwas dalam rangka acara ini untuk menjaga stabilitas kemanaan dan ketertiban di tengah tengah Kecamatan Leitimur Selatan yang sampai saat ini dalam keadaan aman dan Kondusif," ujar Danramil.


Sementara itu, PPK Leitimur Selatan juga menyampaikan terimakasih kepada Camat Kapolsek, Danramil yang turut dalam giat ini dalam rangka komitmen bersama dalam mewujudkan pemilu yang aman dan damai.
"Kami penyelenggara tetap pada koridor kita sebagai penyelenggara dan tetap menjaga kestabilan pemilu yang berjalan dengan baik aman dan Kondusif untuk itu saya juga meminta dukungan daei semua pihak yang hadir untuk bersama sama mewujudkan pemilu yang aman dan damai," katanya


Diakhir dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Pemilu 2024 Yang Aman dan Damai Dengan 3 poin Deklarasi Damai antara lain:
1. Pemerintah dan masyarakat Kecamatan Leitimur Selatan mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil
2. Pemerintah dan masyarakat Leitimur Selatan menghendaki Pemilu 2024 berlangsung dalam suasana aman, netral, tenang, dan tidak terpengaruh hoax
3. ASN, TNI POLRI bersikap netral dan tidak berpihak dalam Pemilu 2024

Bagikan ke teman kamu