Kapolres Tual Pimpin Apel Gelar Swakarsa Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024

Kapolres Tual Pimpin Apel Gelar Swakarsa Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024

Kepolisian Resor  (Polres) Tual melaksanakan apel Swakarsa dalam rangka pengamanan Pemilu serentak tahun 2024 bertempat di Lapangan Apel Polres Tual Jl. Dihir No.1 Kelurahan Ketsoblak Kecamatan Pulau Dullah Selatan Kota Tual, Maluku Rabu, (15/11/2023).


Apel tersebut berlangsung pukul 08:00 WIT, dipimpin langsung Kapolres Tual AKBP Prayudha Widiatmoko, S.I.K dihadiri Plh. Sekretaris Daerah Kota Tual Rini Atbar, S.H, Ketua Pengadilan Negeri Tual Rosyadi, S.H.,M.H, Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Guntur Alamsyah, M.tr.Hanla, Wakapolres Tual Kompol Teddy, perwakilan Forkopimda Kota Tual, para Pejabat Utama Polres Tual, Anggota Polres Tual serta para security dan linmas terdekat.


Kapolres Tual AKBP Prayudha Widiatmoko,S.I.K saat membacakan amanat Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H, M.Hum menjelaskan akan pentingnya dalam terciptanya Kamtibmas yang aman dan kondusif. Sinergitas antara TNI-POLRI dan masyarakat harus terus ditingkatkan dengan melaksanakan kegiatan Pam Swakarsa yang rutin dan intensif.


Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan Swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan program presisi Kapolri, tepatnya pada kebijakan "Transformasi Operasional Polri" yaitu peningkatan peran PAM Swakarsa di lingkungan atau wilayah kerja dan pemantapan pembinaan PAM Swakarsa.


"Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan situasi Kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda Nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. Maka dari itu, saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi "Cooling Sistem"dan profesional sesuai tupoksi dan tanggung jawab di lingkungannya masing-masing," tegas Prayudha.


Lanjut dia, Pemilu harus berjalan dengan aman dan damai serta penuh semangat persaudaraan, jangan ada perselisihan apalagi konflik hanya karena berbeda pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.


"Tentunya, kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi agar berjalan dengan aman dan tertib, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong Visi Indonesia emas yang kita cita-citakan bersama.


Sebelum mengakhiri amanat ini, tidak lupa saya sampaikan terima kasih kepada para stakeholder dan instansi terkait karena atas kerjasamanya kegiatan pada pagi hari ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti.


Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat menjadi awal yang baik bagi kita semua dalam menjaga situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif di wilayah hukum Polda Maluku. "Salawaku Emarina, Maluku Aman Rakyat Sejahtera" pungkasnya.

Bagikan ke teman kamu