Kapolres Kepulauan Aru AKBP Dwi Bachtiar Rivai, S.I.K., M.H Pimpin Apel Kesiapan PAM Swakarsa  Dalam Rangka Pemilu 2024.

Kapolres Kepulauan Aru AKBP Dwi Bachtiar Rivai, S.I.K., M.H Pimpin Apel Kesiapan PAM Swakarsa Dalam Rangka Pemilu 2024.

Kepolisian Resort Polres Kepulauan Aru menggelar Apel PAM Swakarsa dalam rangka Pengamanan Pemilu 2024 diwilayah hukum Polres Kepulauan Aru, Rabu (15/11/2023).

Apel PAM Swakarsa yang berlangsung di lapangan apel Mapolres di pimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Aru AKBP Dwi Bachtiar Rivai, S.I.K., M.H dan perwira Apel Kabag Ops Morlan Hutahean, sedangkan betindak selaku komandan Apel KBO Samapta Polres Kepulauan Aru IPDA Gilang Pradana, S.Tr.K

Adapun serta  di ikuti oleh peserta apel dengan susunan peserta yakni 1 (satu) Regu PJU Polres Kepulauan Aru Kabag / Kasat / Kasi, 1 Peleton personil Babinsa Koramil 1503-03 Dobo, 1 Peleton personil Babinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Kepulauan Aru, 1 Peleton personil Satuan Samapta, 1 Peleton personil Satuan Lantas, 1 Peleton personil Polsek Jajaran, 1 Peleton anggota Sat Pol PP. Kabupaten Kepulauan Aru, 1 Peleton anggota Satpam, 1 Peleton anggota Linmas dan 1 Peleton anggota Satkamling. 


Turut hadir juga dalam kegiatan Apel PAM Swakarsa, yakni Wakil Bupati Kepulauan Aru. MUIN SOGALREY. SE, Waka Polres Kepulauan Aru. KOMPOL YAMI REAWARU. SE, Danramil 1503-03 Dobo. KAPTEN Inf DODDY MASAOY, Kasi Intel Kejaksaan Kabupaten Kepulauan Aru ROMI PRASETIO NITI SAMITO, SH, Kepala Badan Kesbangpol Kab Kep Aru. JOEL GAITE, S.Sos.dan Sekertaris Sat Pol PP. Kabupaten Kepulauan Aru ARNOL SEDUBUN. 

Kapolres Kepulauan Aru dalam amanat Kapolda Maluku menyampaikan bahwa,"  Apel yang kita laksanakan pada pagi hari ini adalah untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya meningkatkan pam swakarsa guna menjamin keamanan yang kondusif. Hal ini sejalan dengan undang-undang no 2 tahun 2002 tentang polri pasal 3 mengenai bentuk-bentuk pengamanan swakarsa. Yang membantu tugas polri dalam menjaga dan memelihara kamtibmas. Selain itu apel ini juga dimaksudkan karena keberhasilan dalam menciptakan situasi kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat dan peran serta stakeholder terkait.

Ditengah keterbatasan personel, maka peran masyarakat menjadi sangat penting dalam terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Sinergitas antara tni-polri dan masyarakat harus terus ditingkatkan dengan melaksanakan kegiatan pam swakarsa yang rutin dan intensif.

Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan program presisi kapolri, tepatnya pada kebijakan "transformasi operasional polri" yaitu peningkatan peran pam swakarsa di lingkungan atau wilayah kerja dan pemantapan pembinaan Pam swakarsa.

 Saat ini, satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan situasi kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024. Maka dari itu, saya berpesan agar kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi "cooling system" dan profesional sesuai tupoksi dan tanggung jawab di lingkungannya masing-masing. Pemilu harus berjalan dengan aman dan damai serta penuh semangat persaudaraan, jangan ada perselisihan apalagi konflik hanya karena berbeda pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama dalam bingkai negara kesatuan republik indonesia.

 Mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi agar tentunya kita harus berjalan dengan aman dan tertib, karena keberhasilan ini akan menjadi besar bagi indonesia untuk mewujudkan demokrasi mapan dalam visi indonesia emas yang yang menyongsong kita cita-citakan bersama.

Sebelum mengakhiri amanat ini, tidak lupa saya sampaikan terimakasih kepada para stakeholder dan instansi terkait, karena atas kerjasamanya kegiatan pada pagi hari ini dapat berjalan dengan ancar tanpa ada kendala yang berarti. Semoga dengan terlaksanakan kegiatan ini dapat menjadi awal yang baik bagi kita semua dalam menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif di wilayah.

 Demikian amanat yang dapat saya hukum pol da maluku. Sampaikan, semoga allah swt, tuhan yang senantiasa memberikan maha esa, petunjuk dan perlindungan, kepada kita dalam masyarakat, bangsa dan negara. Kepada bimbingannya pengabdian mewujudkan. Tutupnya

Bagikan ke teman kamu