Kapolda Maluku Terima Perwira Remaja Lulusan Akpol 2023

Kapolda Maluku Terima Perwira Remaja Lulusan Akpol 2023

POLDA MALUKU - Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif S.H., M.Hum, secara resmi menerima kehadiran perwira remaja lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2023.

Penerimaan tersebut dilakukan melalui upacara tradisi penerimaan yang dipimpin secara langsung oleh Kapolda di lobi lantai 1 Mapolda Maluku, Kota Ambon, Kamis (10/8/2023).

Upacara tradisi penyambutan yang digelar Polda Maluku yaitu diawali dengan menyanyikan lagu Mars Polda Maluku kemudian dilanjutkan dengan para perwira remaja lulusan Akpol yang baru harus mencium Bendera Merah Putih dan Pataka Polda Maluku Salawaku Emarina, sembari diiringi oleh lagu Bagimu Negeri. Hal itu dilakukan sebagai lambang cinta tanah air dan siap berbakti kepada nusa dan bangsa.

Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun S.IK S.H., M.Hum dan seluruh pejabat utama Polda Maluku serta Kapolresta Ambon, Maluku Tengah, dan Seram Bagian Barat, turut hadir dalam kegiatan itu.

Kapolda Maluku Lotharia Latif dalam sambutannya mengaku upacara tradisi penyambutan perwira remaja lulusan Akpol yang digelar di Polda Maluku merupakan kali ke dua.

Selain pemuliaan profesi, Kapolda mengaku tradisi ini dilakukan untuk sekaligus mengingatkan para perwira remaja yang baru lulus, bahwa inilah langkah awal mendharmabaktikan pengabdian di kepolisian negara republik Indonesia, "sesuai dengan cita cita kalian ketika memasuki taruna Akpol untuk berbakti kepada bangsa dan negara," ungkapnya.

Kepada Karo SDM, Kapolda mengingatkan agar dapat membuat laporan terkait dengan upacara tradisi ini. "Banyak kegiatan yang kita lakukan dalam rangka pemuliaan profesi ini dan inilah hal yang sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai dan filsafat kehidupan perwira," ucapnya.

Menurutnya, dinas pertama di Polri merupakan suatu tugas yang akan dikenang kedepannya. "Bagi kalian ke enam perwira remaja adalah penempatan di Maluku berdasarkan Skep Kapolri termasuk seluruh teman-teman kalian akan masuk di setiap Polda untuk melaksanakan bhaktinya itu merupakan hasil keputusan Kapolri," sebutnya.

Selaku Kapolda Maluku, Irjen Latif menyampaikan selamat datang dan bergabung kepada 6 perwira remaja Akpol lulusan tahun 2023 di Polda Maluku.

Irjen Latif merasa senang dan bangga mendapatkan penambahan perwira baru untuk menambah pembinaan maupun operasional di Polda Maluku.

"Jadikan semua itu sebagai pedoman, segeralah kalian menyesuaikan diri, keunggulan dari perwira lulusan akademik yang dididik selama 4 tahun adalah kecepatan dalam adaptasi, maka segeralah kalian beradaptasi, berinteraksi sesuai dengan ilmu-ilmu pendidikan yang kalian terima di lembaga Akpol, dengan filosopi yang mana kalian dididik dengan perwira yang trengginas yang artinya menjaga kesehatan, kesamaptaan dan kalian dididik menjadi perwira yang tertabah. Jadi kalian harus tangguh dan sanggup menghadapi situasi dan keadaan yang ada," ungkapnya.

Kapolda berharap para perwira baru ini di pandang dari sudut akademik mempunyai kemampuan dalam menyelesaikan persoalan. "Kalian disiapkan menjadi seorang pemimpin dan kepemimpinan yang baik. Saya selaku kapolda menitipkan dan sengaja membuat kegiatan pada hari ini sebagai bentuk pemuliaan profesi, bagaimana kita mengangkat nilai-nilai leluhur dari Tribrata dan Catur Prasetya, sebagai insan Polri yang ada pada Pet adalah logo Tribrata yang tertuliskan Rastra Sewakottama yang artinya adalah kalian abdi utama daripada nusa dan bangsa," ungkapnya.

Kapolda mengaku perjalanan perwira remaja masih panjang. Jangan sampai berguguran di tengah jalan karena tidak mensyukuri apa yang sudah didapatkan dengan susah payah.

"Penempatan di seluruh Indonesia ini adalah bagian dari pengabdian kita. Tetap optimis, tetap semangat dan tetap menambah ilmu pengetahuan untuk eksis menambah dan meningkatkan jenjang jenjang karier selanjutnya," pintanya.

Olehnya itu, Kapolda menitipkan para perwira remaja lulusan Akpol tahun 2023 ini kepada Wakapolda dan para pejabat utama. "Saya titipkan para perwira remaja ini, jaga yang baik dan ajari yang baik bagaimana eksistensi kepolisian negara republik Indonesia ini kepada adik-adik kita yang akan meneruskan dan menjaga marwah Polri ke depan," pungkasnya.

Bagikan ke teman kamu