Kapolda Lantik 230 Siswa Bintara Polri SPN Polda Maluku

Kapolda Lantik 230 Siswa Bintara Polri SPN Polda Maluku

POLDA MALUKU - Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum, melantik sebanyak 230 orang Bintara remaja Polri yang telah mengikuti Pendidikan dan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri gelombang kedua tahun 2023 di SPN Polda Maluku.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dirangkai dalam upacara penutupan Diktuba Polri gelombang kedua tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Kamis (21/12/2023).

Pada kegiatan itu, Kapolda membacakan amanat Kalemdiklat Polri Komjen Pol Purwadi Ariato. Ia meminta agar insan Bhayangkara siap untuk melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelindung masyarakat.

Komjen Purwadi juga meminta agar para Bintara dan tamtama Polri yang dilantik dapat menjadi contoh teladan yang baik bagi masyarakat bangsa dan negara.

"Kepada seluruh Bintara dan tamtama Polri yang dilantik agar tetap berpegang teguh dan mengamalkan nilai-nilai Tribrata serta Catur Prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan Bhayangkara, jaga nama baik dan kehormatan diri serta keluarga dan institusi Polri serta hindari segala bentuk pelanggaran, membangun komunikasi positif dengan masyarakat serta perkuat sinergitas dan solidaritas dengan personel TNI di lapangan dalam memelihara Kamtibmas yang kondusif," pintanya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dalam arahannya kembali mengingatkan para Bintara remaja agar terus menggantungkan cita-cita setinggi langit.

"Saya juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para komandan-komandan satuan TNI Kodam XVI/Pattimura beserta staf dan jajaran khususnya Danrindam dan Dansecaba Rindam yang juga menghadirkan siswa secaba yang sedang melaksanakan pendidikan yang hari ini juga beserta pengasuhnya hadir di tempat ini," kata Kapolda sembari mendoakan para siswa secaba yang sedang menjalani pendidikan akan menyelesaikan pendidikannya dengan lancar dan kembali untuk melaksanakan tugas di lapangan.

Kepada para Orang tua, Kapolda meminta agar dapat terus memberikan motivasi dan dorongan pembinaan mental terhadap anak-anaknya.

Kapolda pun mengingatkan para Bintara remaja bahwa waktu lima bulan yang diberikan menjalani pendidikan dan pembentukan merupakan awal menjalankan tugas di lingkungan Polri. "Mulai hari ini, inilah tantangan yang sebenarnya dengan istimasi waktu mungkin kalian 30 sampai 38 tahun melaksanakan tugas di Polri," katanya.

Irjen Latif berharap tidak ada lagi pelanggaran-pelanggaran sekecil apapun yang dilakukan baik kode etik, disiplin maupun pidana. "230 orang yang dilantik hari ini saya berharap sampai nanti sepanjutnya, kecuali memang Tuhan yang memutuskan lain kalian akan tetap utuh dalam melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab," harapnya.

Para Bintara Remaja Polri diminta agar terus mengembangkan diri dan menggantungkan cita-cita setinggi langit untuk mencapai prestasi yang lebih baik. Terus bertugas dan menjalin sinergitas dan soliditas yang baik dengan personel TNI maupun seluruh elemen masyarakat dalam memelihara Kamtibmas yang kondusif di wilayah Maluku.

"Pendidikan di SPN itu adalah modal awal. Tetapi tantangan yang sesungguhnya yaitu mulai hari ini dan selanjutnya ke depan. Siapkan fisikmu untuk terus melaksanakan tugasmu dengan penuh keihklasan dengan penuh rasa tanggung jawab," pintanya.

Kepada para rektor maupun pengajar dari Universitas-universitas yang selama ini telah memberikan dukungan dan bantuan pendidikan di SPN Polda Maluku, Kapolda juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi. "Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pemerintah daerah, maupun TNI yang telah bekerjasama selama ini. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa kepada kita dalam pelaksanaan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara," pungkasnya.

Bagikan ke teman kamu