Hadiri Misa, Sat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar gelar Minggu Kasih di Gereja

Hadiri Misa, Sat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar gelar Minggu Kasih di Gereja

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Sebagai tindak lanjut dari Program Quick Wins Presisi Polri, Sat Binmas menggelar kegiatan Minggu Kasih yang dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar Iptu J. SAMPONU.


Kegiatan Minggu Kasih yang dilaksanakan usai pelaksanaan Ibadah Perayaan Misa Ekaristi Hari Raya Minggu Biasa ke XX Bunda Maria naik Ke Surga pada, Minggu (18/08/24) tersebut, berlangsung di Gedung Gereja Katholik, Santo (St) Yosep Desa Bomaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


Mengawalinya, Kasat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar Iptu J. SAMPONU mengatakan bahwa giat Minggu Kasih yang dilaksanakan rutin pada setiap hari minggu ini merupakan tindak lanjut dari Program Kapolri yaitu Quick Wins Presisi Polri. Guna menyampaikan Imbauan dan pesan Kamtibmas serta mendengar keluhan dan masukan dari Masyarakat terkait situasi Kamtibmas yang berkembang maupun terkait kinerja Kepolisian.


Lebih lanjut, Ia memberikan pemahaman dan edukasi dengan menceritakan sebuah cerita yang menjadi inspirasi kepada para Umat Kristiani tentang bagaimana tanggung jawab untuk menjadi seorang pemimpin. Selain itu, Masyarakat juga diimbau untuk hindari tindakan maupun perbuatan yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas hingga terjadinya tindak pidana dan bisa merugikan diri sendiri, Keluarga maupun Orang lain.


“Terkait dengan bebagai kejadian yang muncul ditengah-tengah Masyarakat, diharapkan untuk segera diinformasikan kepada pihak keamanan dalam hal ini petugas Bhabinkamtibmas yang berada di Desa maupun pada Pos Polisi terdekat, sehingga dapat secepatnya ditindaklanjuti” jelasnya.


Mengingat, seringnya terjadi kasus yang melibatkan Anak mengalami peningkatan dari tahun ke tahun di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sehingga Kasat mengajak dan berpesan kepada para Orang tua untuk selalu mengawasi anak- anaknya saat jam belajar malam, serta batasi kegiatan Anak pada saat melakukan kegiatan diluar rumah.


“Pentingnya peran para Orang tua untuk melakukan fungsi kontrol, mengingat para pelaku tersebut berasal dari Keluarga sendiri. Selain itu, ketika seringkali terjadi permasalahan, hal tersebut dilakukan oleh Anak-Anak lelaki remaja yang selalu duduk berkelompok” ujarnya.


Terkait pelanggaran lalu lintas yang sangat meningkat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kasat mengingatkan kepada Masyarakat untuk dapat mematuhi segala bentuk aturan lalu lintas. Khususnya kepada Anak-Anak yang masih dibawah umur, agar para Orang tua tidak membiarkan Anak-Anaknya mengendarai kendaraan, hal ini tentunya dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, sehingga Kasat Binmas menghimbau dan berharap agar kita semua dapat memberikan Pemahaman yang baik kepada Warga, Keluarga, tetangga maupun teman untuk sama-sama merasa kepedulian dalam menjaga Kamtibmas demi mensukseskan setiap Pelaksanaan Pilkada agar terciptanya rasa aman dan damai.


“Saat ini telah memasuki tahapan Pilkada, sehingga Masyarakat diharapkan selalu menjaga Kamtibmas. Pilihan boleh berbeda, tetapi selalu menjaga persatuan dan persaudaraan agar terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif” tutupnya.


Minggu Kasih ini pun berlangsung dengan penuh keakraban serta mendapat respon positif dari Umat Kristiani yang hadir. Mereka menyampaikan apresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian atas kunjungan hingga Imbauan dan pesan Kamtibmas yang disampaikan, sehingga mereka pun merasa terayomi dan teredukasi.

Bagikan ke teman kamu