fungsi Polres Kepulauan Tanimbar secara rutin dan berkala cek tahanan di malam hari

fungsi Polres Kepulauan Tanimbar secara rutin dan berkala cek tahanan di malam hari

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Polres Kepulauan Tanimbar, Seusai pelaksanaan serah terima tugas, Anggota Jaga yang tergabung dalam Piket Fungsi melaksanakan pengecekan rutin Ruang Tahanan beserta Tahanan, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Jumat (13/09/24) malam.


Seperti pada biasanya, pengecekan tahanan yang dilakukan pada Rutan Polres Kepulauan Tanimbar ini dimulai pada pukul 08.00 Wit dan dilanjutkan hingga pada Pukul 20.00 Wit, seusai serah terima tugas jaga. Pengecekan ini dimulai dengan mengabsen para tahanan, untuk memastikan jumlahnya tetap lengkap sesuai data.


Selain itu, Petugas pun turut melakukan pemeriksaan terhadap lantai tempat tidur tahanan, mengecek besi-besi sel tahanan, gembok hingga barang-barang pribadi yang disimpan maupun dilarang berada didalam ruang sel tahanan, yang tujuannya agar dapat mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tahanan kabur dan sebagainya.


Pada pengecekan tahanan ini pun dimanfaatkan oleh Anggota piket untuk memberikan arahan dan menanyakan kondisi kesehatan para tahanan, serta apa saja keluhan tahanan selama berada dalam rumah tahanan Polres Kepulauan Tanimbar. Mereka diimbau untuk selalu berdoa meminta kekuatan dari Tuhan, menjaga kebersihan, perhatikan makan hingga berolahraga.


Sementara itu, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., M.H., melalui Kasat Tahti Iptu J. AMELAMAN saat dikonfirmasi mengatakan, pengecekan ruang tahanan yang rutin dilakukan secara ini merupakan sebagai bentuk tanggung jawab Anggota Polri yang melaksanakan tugas piket pada saat itu, guna mengantisipasi dan memastikan ruang tahanan dalam keadan aman dan penghuninya dalam keadaan sehat dan lengkap.


“Pengecekan yang dilakukan oleh Piket Fungsi ini rutin kami lakukan secara berkala untuk meyakinkan dan memastikan tidak adanya penyimpangan atau pelanggaran prosedur di dalam ruang sel Tahanan” jelasnya.


Lebih lanjut menurut Kasat Tahti, Tahanan merupakan objek yang sangat rawan sehingga pentingnya pengawasan yang sangat ketat kepada mereka yang sedang menjalani hukuman didalamnya. Oleh sebab itu penerapan aturan yang ketat perlu ditaati oleh seluruh Personel yang berjaga, tak hanya pada Anggota jaga tahanan.


“Kepada petugas Piket Jaga Tahanan agar selalu waspada dan selalu siap siaga terhadap segala kemungkinan yang bisa saja terjadi, salah satunya yaitu adanya upaya tahanan untuk kabur dari ruang tahanan” tandasnya.

Bagikan ke teman kamu