Forkopimda SBB mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral: Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024
Kapolres SBB AKBP DENNIE A. DHARMAWAN, S. I. K bersama Forkopimda Kab. SBB

Forkopimda SBB mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral: Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Forkopimda SBB mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral via zoom meeting dengan Polda Maluku : Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Piru, Sebuah Zoom Meeting Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin 2023 dengan Polda Maluku telah digelar pada Kamis, 14/12/2023, bertempat di Aula Bhayangkara Polres SBB.

Dalam kegiatan zoom meeting tersebut Wakapolda Maluku, Brigjen Pol STEPHEN M. NAPIUN, memimpin rapat. 

Rangkaian kegiatan meliputi pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Doa

Wakapolda Maluku, Brigjen Pol STEPHEN M. NAPIUN, S.I.K., S.H., M.Hum Menyampaikan tujuan rapat adalah mempersiapkan pengamanan Natal dan Tahun Baru. Ops Lilin Polri akan berlangsung dari 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

"Pelaksanaan rapat kali ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam rangka mempersiapan pelaksanaan pengamanan natal dan tahun baru." ucap Wakapolda. 

Arahan Sekda Provinsi Maluku:

Langkah-langkah pemerintah untuk menjaga ketersediaan barang selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Penyampaian materi:

Berbagai ancaman dihadapi dalam perayaan tersebut, dengan fokus operasi lilin dalam tiga tahap yaitu Tahap Persiapan, Tahan Pelaksanaan dan Tahap Konsolidasi.

Intelijen Khusus: potensi konflik sosial, titik rawan acara, prioritas pengamanan, hingga rekomendasi.

Berbagai Steckholder seperti Dir Lantas, Dinas Perhubungan, PUPR, Pariwisata, BPBD, Basarnas, Pertamina, BMKG, dan PLN dari Provinsi Maluku memberikan informasi dan rencana tindakan terkait. 

Dinas PUPR mengatakan akan Menahan pekerjaan konstruksi, siaga bencana, dan perawatan jalan.

Kepala Dinas Pariwisata menyampaikan akan berkolaborasi dengan kepolisian, pengamanan tempat wisata, dan koordinasi dengan pemerintah lokal.

Kepala BPBD menyampaikan Potensi ancaman bencana yang perlu diwaspadai.

PLN mengklaim Kesiapan dalam pasokan listrik selama perayaan.

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca untuk wilayah Maluku.

Karo Ops Polda Maluku menekankan tentang kesiapan personil dan pengawasan tempat-tempat keramaian. "Pelaksanaan operasi Lilin ini betujuan untuk menjamin rasa aman masyarakat sebelum, pada saat dan sesudah perayaan Natal dan Tahun Baru 2024." ucap Karo Ops. 

Penekanan Kapolda Maluku

Kapolda Mengapresiasi kerja sama semua pihak dalam pelayanan masyarakat.

Memastikan kesiapan dan pengawasan di tempat-tempat ramai.

Meningkatkan patroli dan dialogis untuk mencegah konflik sosial.

Mengajak semua pihak untuk menjaga kerukunan dan toleransi. 

"Terus jaga kebersamaan dan keterpaduan dalam tugas TNI-Polri- Pemda, instansi terkait dan masyarakat guna terwujudnya Maluku yang aman dan damai." tandas Kapolda

Kegiatan ditutup dengan menyanyikan Lagu Bagimu Negeri. Hadir dalam kegiatan ini Pj. Bupati SBB BRIGJEN TNI ANDI CHANDRA AS’ADUDIN, S.H., M.H., Kapolres SBB AKBP DENNIE A. DHARMAWAN, S.I.K., Dandim 1513 / SBB LETKOL INF. RUDOLF G. PAULUS MANUPUTTY, Sekda Kab. SBB L. A. TUASUUN Wakapolres SBB KOMPOL LA UDIN TAHER, S.Pi., Para Kabag, Kasat Kasie dan Kapolsek Jajaran, Kadis Pariwisata Kab. SBB Drs. JEMS R. KAKUATE, M. Si, Plt. BPBD Kab. J. NAHUWAE, Kasi Perhubungan Kab. SBB F. LATURETTE, Kabid Binamarga Kab. SBB ARAFAT, S.T, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Kab. SBB Drs. MAS’UD ASSEL. Kegiatan selesai pada pukul 12.50 wit. 

Bagikan ke teman kamu