Cek dan kontrol Tahanan, Piket Fungsi Polres Kepulauan Tanimbar tingkatkan pengawasan

Cek dan kontrol Tahanan, Piket Fungsi Polres Kepulauan Tanimbar tingkatkan pengawasan

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Dalam meningkatkan pengawasan, pengamanan, serta memastikan kebersihan di dalam Ruang Tahanan (Rutan), Gabungan Piket Fungsi Polres Kepulauan Tanimbar lakukan pengecekan dan kontrol Tahanan, Minggu (29/09/24).


Giat pengecekan dan kontrol tahanan beserta ruang tahanan yang dilakukan oleh Personel Piket Fungsi beserta Petugas jaga tahanan, dan dilaksanakan usai serah terima Piket Fungsi pada Rutan Polres Kepulauan Tanimbar tersebut merupakan kegiatan rutin dan wajib dilaksanakan secara berkala dan kontinyu.


Dalam hal dilakukannya pengecekan hingga pengontrolan kepada para tahanan maupun ruang tahanan ini adalah merupakan atensi Pimpinan dalam hal ini Kapolres Kepulauan Tanimbar. Terhadap atensi tersebut, Anggota yang melaksanakan tugas pada Piket Fungsi dituntut untuk senantiasa melaksanakan tugas pokoknya secara periodik dan intens, terkhususnya melakukan pengecekan dan kontrol kepada para tahanan.


Oleh sebab itu untuk menindaklanjuti hal tersebut, tampak terlihat Personel Piket Fungsi melakukan kontrol dan pengecekan terhadap para Tahanan maupun ruang Tahanan yang meliputi kesehatan dan jumlah tahanan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemeriksaan terhadap kondisi ruang tahanan diantaranya memastikan kunci dan gembok, memeriksa jeruji sel, ventilasi, barang-barang yang dilarang berada di dalam Rutan, hingga kebersihan ruang tahanan agar dalam kondisi yang layak, bersih dan nyaman.


Hasil dari kegiatan ini, petugas tidak menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh para tahanan, jumlah serta kondisi kesehatan para tahanan juga dalam keadaan lengkap, sehat dan baik. Disamping itu juga, Petugas menghimbau kepada para tahanan untuk selalu mentaati aturan yang berlaku di dalam rumah tahanan dan meminta agar para tahanan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan diri mereka.


Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasat Tahti Iptu J. AMELAMAN mengatakan, meskipun cek dan kontrol telah rutin dilakukan oleh para Petugas jaga tahanan, namun kegiatan ini juga merupakan upaya Kami untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap Tahanan, memastikan keamanan dan ketertiban di dalam Rutan, serta mengetahui kondisi dan jumlah para tahanan hingga tidak adanya barang-barang terlarang yang masuk ke dalam rutan.


“Sebagai sarana fungsi kontrol, penerapan terhadap aturan yang ketat pun tentunya sangat penting dan perlu untuk ditaati dan diperhatikan oleh seluruh Anggota yang berjaga. Khususnya dalam meningkatkan pengawasan secara ketat kepada mereka yang sedang menjalani hukuman” tandasnya.


Lebih lanjut Kasat Tahti mengungkapkan bahwa, Tahanan adalah merupakan objek yang sangat rawan, sehingga Ia pun menegaskan kepada para Personel untuk lebih meningkatkan kewaspadaan serta selalu melakukan pengecekan di ruang tahanan secara rutin dan berkala. Hal ini untuk memastikan kondisi tahanan serta mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagikan ke teman kamu