Biro SDM Polda Maluku dan Polres Jajaran Gelar Bakes, Baksos dan Penanaman Pohon

Biro SDM Polda Maluku dan Polres Jajaran Gelar Bakes, Baksos dan Penanaman Pohon

POLDA MALUKU - Biro SDM Polda Maluku dengan menggandeng Bidang Dokkes dan jajaran, menggelar kegiatan bakti kesehatan, bakti sosial dan penanaman pohon yang terpusat di kawasan lapangan Letkol Pol Chr. Tahapary, Kota Ambon, Sabtu (4/11/2023).

Kegiatan yang dipimpin Karo SDM Polda Maluku Kombes Pol Bony J.S Sirait ini dilaksanakan dalam rangkaian Rakorbin SDM dan PNS Polri tahun 2023.

Sejumlah pejabat Polda Maluku bersama para pelajar SD Negeri 1 dan SD Inpres 23 Ambon hadir dalam kegiatan itu. Turut hadir warga Desa Galala dan Batu Merah Ambon.

"Pada kesempatan yang baik ini kita akan melaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia acara bakti kesehatan, bakti sosial, dan penanaman pohon, yang dipimpin oleh Asisten SDM Polri," kata Karo SDM Polda Maluku dalam sambutannya.

Ia mengatakan, sejumlah kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak kemarin. Kemudian dilanjutkan hari ini secara serempak di Tanah Air.

"Penanaman pohon sudah kita dahului kemarin dan sekarang akan dilanjutkan, untuk itu saya dan para Kabag dan yang belum menanam pohon untuk hari ini melaksanakannya," katanya.

Pembagian bantuan sosial berupa paketan sembako, kata Kombes Bony, juga akan disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu. Pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat maupun para pelajar sekolah dasar.

"Untuk pembagian sembako terima kasih untuk masyarakat yang sudah hadir hari ini, kami ucapkan terima kasih juga kepada para ibu bapak guru yang sudah hadir memenuhi undangan untuk kita periksa adik-adik kita, anak anak kita, masih banyak ternyata yang belum mengetahui tentang golongan darahnya," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kombes Bony juga menyampaikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat menjelang Pemilu tanggal 14 Februari 2024.

"Gunakanlah hak bapak ibu dengan baik. Kemudian ikut membantu menjaga, mengamankan dan memberi situasi aman dan kondusif di seputaran wilayahnya masing-masing sehingga semua dapat berjalan dengan baik, itu yang kita harapkan," pintanya.

Untuk diketahui, pemeriksaan kesehatan melibatkan Bidang Dokkes Polda Maluku dan jajarannya. Kurang lebih sebanyak 800 orang warga yang tersebar pada Polres/ta jajaran mengikuti kegiatan ini. Bakti kesehatan yang dilakukan yakni pemeriksaan golongan darah, stunting, pengobatan umum, dan pemberian vitamin kepada 100 peserta siswa-siswi SD.

Untuk Polres Tual, sebanyak 100 orang warga mengikuti pengobatan umum, pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan asam urat. Kepulauan Aru diikuti 100 warga yang melakukan pengobatan umum. Kepulauan Tanimbar dilakukan pengobatan umum, pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan asam urat yang diikuti 100 warga. Serta Polres Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, dan Maluku Barat Daya memberikan pengobatan umum kepada masing-masing 100 orang warga.

Tak hanya itu, penyaluran paket sembako juga diberikan kepada sebanyak 1.250 orang masyarakat. Polda Maluku menyalurkan 150 paket sembako, dan 11 Polres/ta jajaran masing-masing menyalurkan 100 paket.

Penanaman pohon juga dilakukan. Sebanyak 1.200 anak pohon diantaranya tabe buya, ketapang kencana, bunga tanjung dan mangga ditanam di wilayah masing-masing. Polda dan 11 Polres/ta jajaran masing-masing menanam 100 anakan pohon.

Bagikan ke teman kamu