Bhabinkamtibmas Desa Luang Timur Ingatkan Warga Jaga Kamtibmas Jelang Pemilukada 2024

Bhabinkamtibmas Desa Luang Timur Ingatkan Warga Jaga Kamtibmas Jelang Pemilukada 2024

Humas Polres MBD  –  Sebagai anggota Polri Bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugas pembinaan sebagai upaya meningkatkan pelayanan secara efektif dan efesien kepada masyarakat melalui menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan bersosialisasi dengan masyarakat guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.


Pada kesempatan ini Bhabinkamtibmas Polsek Mdona Hyera Briptu Mixan de Fretes menggelar program pembinaan kamtibmas melalui kegiatan Sambang pukul 11.00 Wit di Desa Luang Timur Kecamatan Mdona Hyera Kabupaten Maluku Barat Daya pada Jumat siang (16/08/2024).


Pelaksanaan kegiatan sambang oleh Briptu de Fretes melalui penekanan kepada warga tentang pentingnya hidup bermasyarakat, bertoleransi dan menjauhi semua perbuatan yang menjurus kepada pelanggaran hukum yang pada akhirnya meresahkan warga dan merugikan diri sendiri ketika berhadapan dengan proses hukum.     


Selain itu Briptu de Fretes memberikan pemahaman kepada warga pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan Desa menjelang pesta demokrasi pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kab. MBD tahun 2024, warga juga diminta bersama Polri mencegah adanya penyebaran informasi ataupun isu-isu yang tidak benar (Hoax) yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas di Desa. 


Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K. melalui Kapolsek Mdona Hyera Ipda Frengky Bonara, S.H saat dikonfirmasi mengatakan, Kegiatan Sambang oleh Bhabinkamtibmas bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui penyampaian himbauan dan pesan-pesan kamtibmas, kemudian mendengarkan keluhan-keluhan masyarakat serta menjadikannya sebagai acuan untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan Polri untuk memelihara Kamtibmas serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. 


“ Bapak Kapolres menekankan demi terciptanya stabilitas kamtibmas yang aman dan kondusif, Bhabinkamtibmas perlu bekerja ekstra dalam melakukan pembinaan kamtibmas serta melakukan evaluasi dan deteksi dini terhadap timbulnya potensi gangguan kamtibmas yang terjadi di Desa, tunjukkan eksistensi kehadiran Polri di Desa sebagai Pelindung, Pengayom dan Pembimbing Masyarkat demi terciptanya Kondusifitas Kamtibmas. “ ungkap Kapolsek.  


Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan, Sesuai dengan tugas, fungsi dan peran Bhabinkamtibmas sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Kapolri Nomor 7 tahun 2021 tentang Bhabinkamtibmas, dijelaskan bahwa tugas Pokok Bhabinkamtibmas yaitu melakukan pembinaan, menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat (problem solving), dan melakukan tugas perbantuan serta melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan yang terjadi di Desa.


“ Dengan melaksanakan tugas, fungsi dan peran selaku Bhabinkamtibmas yang merupakan garda terdepan di tengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat yang sungguh terhadap kinerja Polri. “ tutup Kapolsek.

Bagikan ke teman kamu