Antisipasi gangguan Kamtibmas, Sat Samapta Polres Kepulauan Tanimbar tingkatkan Patroli Dialogis

Antisipasi gangguan Kamtibmas, Sat Samapta Polres Kepulauan Tanimbar tingkatkan Patroli Dialogis

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Satuan Samapta Polres Kepulauan Tanimbar terus meningkatkan Patroli dialogis, demi mencegah dan meminimalisir gangguan Kamtibmas di tengah Warga yang sementara melaksanakan aktivitas di siang hari, Senin (16/09/24).


Pada kegiatan ini, Satuan Samapta melakukan beberapa kegiatan diantaranya Patroli Preventif secara Mobile untuk memastikan situasi tetap aman dan kondusif, hingga melakukan Dialogis dengan menyambangi beberapa Warga yang sedang melakukan aktivitas di siang hari guna menyampaikan Imbauan dan pesan Kamtibmas.


Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., M.H., melalui Kasat Samapta Iptu P. METANILA mengatakan, giat Patroli Dialogis yang rutin dilaksanakan baik siang maupun pada malam hari ini merupakan strategi Kami, Polres Kepulauan Tanimbar dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif. Tak hanya itu, kegiatan ini pun merupakan upaya Kami untuk menjalin silaturahmi serta meningkatkan kepercayaan Masyarakat terhadap Polri.


“Dengan berinteraksi aktif secara humanis bersama Warga, tentunya kami dapat mengetahui kondisi nyata di lapangan dan dapat segera merespon Apabila ditemukan adanya potensi gangguan keamanan maupun tindak kejahatan” jelas Kasat.


Lebih lanjut Kasat Samapta mengungkapkan, Fokus utama dari pelaksanaan Patroli Dialogis ini adalah mendengar langsung aspirasi Masyarakat terkait keluhan maupun permasalahan yang dihadapi. Dalam menanggapi hal tersebut, Petugas akan langsung memberikan solusi maupun penyuluhan keamanan, serta membangun kolaborasi yang positif dengan Masyarakat.


Sementara itu, dalam Dialogis tersebut Petugas mengajak Masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam membantu tugas - tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia, khususnya Polres Kepulauan Tanimbar agar memberikan informasi sekecil apapun terkait kejadian atau aksi-aksi yang mengganggu aktifitas Masyarakat seperti balap liar, judi, mengkonsumsi minuman keras (miras) hingga kejahatan lainnya.


Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi aktif Masyarakat dalam menjaga Kamtibmas serta mewujudkan lingkungan yang aman dan kondusif. Selama giat Patroli berlangsung, tidak ditemukan adanya hal-hal menonjol yang dapat mengganggu Kamtibmas. Situasi pun berlangsung dengan aman dan kondusif.

Bagikan ke teman kamu