Sambangi Warga lewat Patroli Wilayah, Bhabinkamtibmas Lamdesar Barat berikan Imbauan Kamtibmas

Sambangi Warga lewat Patroli Wilayah, Bhabinkamtibmas Lamdesar Barat berikan Imbauan Kamtibmas

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Dalam rangka menjaga stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Bhabinkamtibmas Desa Lamdesar Barat Briptu F. BATLAYERI melaksanakan giat Patroli Wilayah dengan menyambangi Warga Binaannya di Desa Lamdesar Barat, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (02/03/24).

Patroli Wilayah dalam bentuk sambang yang dilakukan secara rutin ini, terlihat Bhabinkamtibmas Desa Lamdesar Barat melakukan dialog aktif dan berinteraksi langsung dengan Warga Binaan dalam rangka untuk menyampaikan Imbauan dan pesan-pesan Kamtibmas.

Dalam kesempatan itu, Bhabinkamtibmas menyampaikan kepada Warga tentang pentingnya kerjasama antara Kepolisian dan Masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Masyarakat terutama lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Ia juga menekankan agar Warga secara aktif melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan maupun adanya potensi gangguan Kamtibmas pada Pos Polisi terdekat maupun Bhabinkamtibmas agar segera ditindaklanjuti.

Bhabinkamtibmas juga mengajak Warga untuk tidak mudah terprovokasi maupun diadu domba oleh adanya informasi-informasi atau isu/ sara serta Berita yang belum tentu kebenarannya (Hoax) yang sengaja dibuat dan disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang dapat menimbulkan perpecahan di tengah-tengah Masyarakat.

“Mari kita tetap menjaga kerukunan antar Warga guna terciptanya rasa aman dan nyaman serta hindari segala bentuk perbuatan yang bisa menimbulkan terjadinya tindak pidana atau masalah di lingkungan sekitar yang dapat merugikan diri sendiri maupun Orang lain” ungkap Bhabinkamtibmas.

Selain itu, dalam menindaklanjuti perkembangan situasi perkembangan Cuaca Ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Bhabinkamtibmas pun menghimbau kepada Warga agar utamakan keselamatan dengan mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang akibat cuaca ekstrim ketika ingin melakukan aktivitas di Laut maupun di Hutan. Hal ini tentunya sebagai upaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Melalui kehadiran yang konsisten dan komunikasi yang terbuka yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Lamdesar Barat Briptu F. BATLAYERI, dapat meningkatnya kontribusi positif di tengah Masyarakat serta memperkuat rasa keamanan, dan meningkatkan kesadaran Kamtibmas secara menyeluruh di Wilayahnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kapolsek Tanimbar Utara AKP AMS. LAYAN mengatakan bahwa Kehadiran Bhabinkamtibmas ditengah-tengah Masyarakat ini merupakan bentuk kepeduliannya terhadap situasi Kamtibmas yang terjadi di Wilayah Binaannya.

“Selain itu, kegiatan ini juga merupakan momen untuk mendekatkan diri dengan Masyarakat, menjalin hubungan yang baik, membangun kepercayaan, dan memperkuat Sinergitas antara Kepolisian dengan Masyarakat dalam menjaga Kamtibmas” sambung Kapolsek.

Dengan adanya kehadiran Bhabinkamtibmas serta Imbauan Kamtibmas yang diberikan, Kapolsek berharap dapat membangun kesadaran Masyarakat dalam menjaga Kamtibmas serta menghindari terjadinya tindak pidana dan masalah di lingkungan sekitar hingga mewaspadai cuaca ekstrim.

Bagikan ke teman kamu