Tingkatkan Kesiapsiagaan Satkamling, Sat Binmas Polresta Ambon Gelar Pelatihan

Tingkatkan Kesiapsiagaan Satkamling, Sat Binmas Polresta Ambon Gelar Pelatihan

POLRESTA AMBON - Sebagai langkah strategis dalam meningkatkan kesiapsiagaan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) dalam menghadapi potensi gangguan kamtibmas di lingkungan kerja, Sat Binmas Polresta Ambon menggelar pelatihan di Aula Polresta Ambon. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Kasat Binmas Polresta Ambon, Kompol Sarah Lessil, pada hari Senin (05/02/2024).

Dalam sambutannya, Kompol Sarah Lessil menyampaikan tujuan utama dari kegiatan pelatihan ini, yaitu untuk meningkatkan kesiapsiagaan Satkamling dalam menjalankan tugas pokoknya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. "Pelibatan masyarakat dalam menjaga dan memelihara kamtibmas sejatinya tidak sekedar membantu aparat polri dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai aparat pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, namun yang lebih penting adalah memberikan ruang bagi pemberdayaan masyarakat (empowerment). Masyarakat diberdayakan sehingga tidak semata-mata sebagai obyek dalam penyelenggaraan fungsi kepolisian melainkan sebagai subyek yang menentukan dalam mengelola sendiri upaya penciptaan lingkungan yang aman dan tertib."ujar Kompol Sarah Lessil

"Melalui pelatihan ini, kami berharap Satkamling dapat lebih siap dan terampil dalam menghadapi berbagai potensi gangguan kamtibmas" Tambahnya. Materi pelatihan mencakup tugas pokok dan fungsi Satkamling, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa. Dengan pemahaman yang baik terhadap peraturan tersebut, diharapkan Satkamling dapat menjalankan tugasnya secara efektif dan profesional.

Kegiatan pelatihan berlangsung dengan lancar dan tertib, ditandai dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi dengan para Personil Sat Binmas yang memberikan Materi, menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam melaksanakan tugas sebagai Satkamling.

Pelaksanaan kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya Binmas Polresta Ambon & P.P Lease untuk terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme di Kota Ambon. "Dengan meningkatnya kualitas dan profesionalisme Satkamling, kami yakin mereka dapat turut berperan aktif dalam menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif di wilayah Ambon dan P.P Lease," tambah Kompol Sarah Lessil.

Melalui kegiatan pelatihan ini, diharapkan Satkamling dapat menjadi mitra yang handal bagi kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, serta memberikan kontribusi positif untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif.

Bagikan ke teman kamu