Polres SBT Gelar Apel Kesiapan Pam Swakarsa Jelang Pemilu Tahun 2024

Polres SBT Gelar Apel Kesiapan Pam Swakarsa Jelang Pemilu Tahun 2024

Polres Seram Bagian Timur menggelar Apel Kesiapan Pam Swakarsa Dalam Rangka mendukung Pengamanan Pemilu 2024, yang berlangsung di Lapangan Apel Polres SBT, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres SBT AKBP Agus Joko Nugroho, S.H., S.I.K., selaku Pimpinan Apel, Kabag Ops AKP Asri Renmaur selaku Perwira Apel, dan yang bertindak selaku Komandan Apel KBO Sat Samapta Ipda Jhony I.M. Manulang.

Kapolres SBT pada kegiatan tersebut membacakan amanat dari Kapolda Maluku, Apel pada pagi hari ini dilaksanakan untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya meningkatkan pam swakarsa guna menjamin keamanan yang kondusif.

“Hal ini juga sebagai evaluasi sejauh mana keberhasilan dan sistem mana yang perlu diperbaiki untuk mewujudkan keamanan yang mandiri. keberhasilan dalam menciptakan situasi kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat karena pada dasarnya polri tidak dapat berdiri sendiri dalam menjaga situasi kamtibmas tanpa bantuan dari stakeholder terkait,” tambahnya.

Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. hal ini sejalan dengan program transformasi menuju polri yang presisi, tepatnya pada kebijakan “transformasi operasional polri” yaitu peningkatan peran pam swakarsa di lingkungan atau wilayah kerja dan pemantapan pembinaan pam swakarsa.

“Saat ini, satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan situasi kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024. maka dari itu, saya berpesan agar kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi “cooling system” di lingkungannya masing-masing. jangan ada perpecahan maupun perselisihan hanya karena berbeda pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” ujar AKBP Agus Joko meneruskan Amanat Kapolda Maluku.

Di akhir amanatnya Kapolres SBT menyampaikan, Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi agar berjalan dengan aman dan tertib, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyogsong visi indonesia emas yang kita cita-citakan bersama.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakapolres SBT Kompol M Musaat, S.Hi., Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten SBT  Eddy Sambrah Limbong, S.H.,M.H., . Plt. Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunimua  Donal F. Sopacua, S.H., Mewakili Bupati SBT Asisten III Setda  M. Syafri Rumain, S.E.,M.M., Danramil1502/09 Bula  Kapten Inf Cba La Ode Ma'ruf, Kaban Kesbangpol M. Saleh Sukunora, S.Sos.,M.M., Ketua Bawaslu Kabupaten SBT  Syaifuddin Rumbory, S.E., Komisioner Divisi Hukum KPUD SBT - Hidayat Kelilauw, S.Hi.

Bagikan ke teman kamu