Syukuran Hari Lalulintas Bhayangkara ke-69, Kapolda Maluku: Terus Berbenah Mengikuti Perkembangan Zaman Berbasis IT

Syukuran Hari Lalulintas Bhayangkara ke-69, Kapolda Maluku: Terus Berbenah Mengikuti Perkembangan Zaman Berbasis IT

POLDA MALUKU - Kepala Kepolisian Daerah Maluku Inspektur Jenderal Polisi Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si, menekankan kepada personel polisi lalulintas (polantas) untuk merespon kebutuhan masyarakat dengan terus berbenah dalam mengikuti perkembangan zaman yang berbasis IT.

Demikian disampaikan Kapolda saat menghadiri acara syukuran Hari Lalulintas Bhayangkara ke 69 yang dilaksanakan di aula lantai 1 gedung RTMC Direktorat Lalulintas Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (24/9/2024).

Kapolda mengatakan, peringatan hari lalu lintas Bhayangkara Tahun 2024 mengusung tema "Polantas Presisi Hadir Menuju Indonesia Maju". Tema ini merupakan penjabaran dari program Presisi Kapolri, khususnya untuk mewujudkan Polri yang prediktif, responsibilitas, transparan dan berkeadilan.

"Untuk merespon kebutuhan masyarakat yang mengharapkan pelayanan dengan berbagai kecanggihan dan kemajuan teknologi, maka polisi lalu lintas terus berbenah di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mengikuti perkembangan saat ini yang berbasis IT," pintanya.

Keberadaan polantas dalam masyarakat dituntut sebagai pelindung, pengayom, pelayan dan penegakan hukum. Ini diharapkan untuk memberikan rasa aman di jalan, sehingga masyarakat dapat melakukan segala aktivitasnya dengan baik dan lancar.

"Sepanjang 69 tahun sejarah pengabdian polisi lalu lintas telah banyak berperan dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas hingga ke berbagai pelosok Indonesia," tambahnya.

Kapolda mengaku tugas Polantas sangat mulia. Ke depan, tugas Polantas mempunyai tantangan sangat berat terutama dalam mengawal dan mendukung pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah yang aman dan damai.

Sesuai dengan amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya polisi lalu lintas telah melakukan terbosan kreatif dan selalu berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan ini dengan mewujudkan road safety policing yang merupakan upaya peningkatan kualitas keselamatan dalam berlalu lintas.

Kapolda juga memberikan apresiasi yang besar kepada Direktorat Lalu Lintas Polda Maluku dan jajaran Satlantas Polres. Ia mengaku jajaran Polantas di Maluku telah melaksanakan tugas Polri di bidang lalu lintas dengan baik. Yaitu meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dalam pengendalian lalu lintas. Ini untuk mencegah segala bentuk gangguan dan ancaman agar terjaminnya keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran lalu lintas di jalan umum.

Kepada seluruh personel Polantas, Kapolda berpesan agar dalam menjalankan tugas fungsi kepolisian harus semakin baik melalui inisiatif sebagai penggerak revolusi mental terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan fungsi lalu lintas. Tingkatkan semangat untuk bekerja secara profesional dan ikhlas dalam memberikan pelayanan kepolisian bidang lalu lintas kepada masyarakat serta terus berkontribusi dalam mendukung pelaksanaan pemilihan umum yang aman dan damai tahun 2024.

"Kita di Maluku ini kota kecil apabila penindakan pelanggaran Lalulintas kepada masyarakat lakukanlah dengan humanis, tegurlah masyarakat agar dia sendiri merasa malu dengan pelanggaran yang dibuatnya. Apabila adaĵ pelanggaran yang dilakukan oleh personel TNI Polri juga agar ditegur dengan baik dan humanis," pintanya.

Untuk diketahui, syukuran hari lalulintas turut dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol Samudi, SIK, M.H., Irwasda Maluku, PJU Polda Maluku, Kapolresta P. Ambon & PP Lease, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan, Kepala PT Jasa Raharja, dan undangan lainnya.

Sebelumnya, dalam menyongsong hari lalulintas, Direktorat Lalulintas juga melakukan rangkaian kegiatan sosial. Diantaranya menyalurkan bantuan sosial di panti asuhan, panti jompo, tukang ojek, tukang becak, buruh pelabuhan, sekolah luar biasa, dan petugas kebersihan. Juga dilaksanakan bhakti religi di tempat tempat ibadah, dan anjangsana berupa pemberian bantuan kepada purnawirawan Polri dan keluarga.

Acara syukuran juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada para kasat lantas berdasarkan penilaian evaluasi pelaksanaan kegiatan preemtif dan preventif serta gakkum di bidang lantas. Di mana, Juara 1 Kasat Lantas Polres Tanimbar; Juara 2 Kasat Lantas Polres Kepualauan Aru; Dan Juara 3 Kasat Lantas Polres Tual.

Bagikan ke teman kamu